Prodi PGSD Gelar Sekolah Kepramukaan Virtual selama 5 Hari -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Prodi PGSD Gelar Sekolah Kepramukaan Virtual selama 5 Hari

, 1/25/2021 04:07:00 PM


Kegiatan pembelajaran pramuka yang digelar Prodi PGSD STKIP Kusuma Negara selama 5 hari, mulai tanggal 23 sampai 27 Januari 2021.

Vnn.co.id, Jakarta - Pada tanggal 23 sampai dengan 27 Januari 2021 Prodi PGSD STKIP Kusuma Negara menggelar kegiatan pembelajaran kepramukaan sebagai bagian dari cara mengembangkan inovasi dan kreativitas. Pembelajaran yang dihadiri oleh mahasiswa Prodi PGSD semester 5 dan 7 dengan nama kegiatan Workshop Menciptakan Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Melalui Metode Kepramukaan Prodi S1 PGSD STKIP Kusuma Negara Jakarta tersebut, dilaksanakan secara virtual melalui zoom. 

Chrisnaji Banindra Yudha, Ketua Prodi PGSD Workshop Kepramukaan ini mengemukakan, salah satu tujuannya untuk menciptakan alternatif terobosan yang mampu menjadi pemecah masalah yang sedang dihadapi masyarakat. Beberapa luaran, di antaranya adalah peserta workshop mampu menciptakan video alternatif pembelajaran di sekolah dasar yang dapat diterapkan secara langsung pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021, video alternatif edukasi untuk orang tua atau wali murid sekolah dasar dalam mengatasi kejenuhan belajar online.

Selain itu, peserta juga dapat menciptakan prakarya berupa Proposal Ilmiah Inovasi Kewirausahaan, proposal ini merupakan  wujud gagasan mahasiswa sebagai inovasi kewirausahaan yang berpotensi di wilayah atau lingkungannya.

Pada aspek luaran ini juga merupakan pengembangan inovasi usaha mahasiswa itu sendiri, adapun beberapa mahasiswa PGSD memiliki usaha yang sedang dan telah berjalan seperti olahan makanan, fotografi, editor video, bimbingan belajar, dan lainnya.

Chrisnaji menambahkan, "Hasil dari aspek inovasi kewirausahaan ini, akan kami bukukan dalam buletin prodi PGSD STKIP Kusuma Negara, dan kami akan sampaikan secara tertulis dan lampirkan buletin kepada kementerian koperasi dan usaha kecil dan menengah republik indonesia, agar memperoleh perhatian yang lebih tentang ide gagasan ini sehingga mampu diwujudkan dan benar-benar dirasakan,"  ujar Chrisnaji saat wawancara (23/1/21).

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut adalah pakar-pakar sesuai dengan bidangnya, yakni:

  1. Kak Ari Sonjaya Ketua Kwartir Cababang Jakarta Timur 
  2. Kak Reny Lizawati Ketua Kwartir Ranting Pasar Rebo Jakarta Timur, 
  3. Kak Ido Hidayat Kapusdiklatcab Jakarta Timur, dan
  4. Kak Acim Pelatih Pramuka dan Dosen mata kuliah Kepramukaan di PGSD STKIP Kusuma Negara. 

Dalam webinar yang rencananya diselenggarakan selama 5 hari tersebut, juga memberi kesempatan kepada Ketua STKIP Kusuma Negara Dr. H. Herinto Sidik Iriansyah untuk memberikan sambutan dalam pembukaan acara. "Dalam kondisi wabah Covid-19 yang makin massif, STKIP Kusuma Negara tetap berkomitmen dalam menyelenggarakan kegiatan akademis maupun non akademis, hal ini merupakan mimbar yang konsisten kita jaga keberlangsungannya," tutur Dr. H. Herinto.

Selain itu, Ketua STKIP itu berpesan bahwa kegiatan pembelajaran kepramukaan maupun penerapan hasil pembelajaran tersebut harus tetap berjalan dan bermanfaat di tengah-tengah masyarakat. 

"Adapun yang menjadi ciri pramuka sejak dulu sampai sekarang yang masih tertanam dibenak saya adalah satyaku kudharmakan dharmaku kubaktikan, sehingga pesan khusus kepada para peserta workshop ialah kegiatan diikuti dengan baik dan materi yang diberikan narasumber diserap serta menghasilkan luaran semaksimal mungkin," tandas Ketua STKIP Kusuma Negara.

Di akhir kegiatan workshop disampaikan pengumuman pemenang kegiatan 5TH Creativity Day Of PGSD College Students melalui lomba essay dengan tema "Sekolah Dibuka Kembali". Lomba yang diselenggarakan mulai tanggal 2 Desember 2020 sampai dengan 16 Januari 2021, diikuti oleh para siswa SMA sederajat di seluruh wilayah Indonesia secara virtual, peserta mengirimkan tulisan essay-nya melalui link.

Red: Mega

TerPopuler

close