Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Menteri, Demokrat: Kompensasi Politik atas Anak dan Menantu Jokowi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Menteri, Demokrat: Kompensasi Politik atas Anak dan Menantu Jokowi

, 12/22/2020 09:58:00 PM

Sandiaga Uno (Foto: iNews.id).

Vnn.co.id, Jakarta - Penunjukan nama-nama menteri baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (22/12/20) juga menyebutkan nama Sandiaga Uno yang bakal menduduki kursi Kabinet Indonesia Maju menggantikan Wishnutama menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hal ini menuai banyak tanggapan dari berbagai kalangan, termasuk Partai Demokrat turut angkat bicara soal pengangkatan itu. Irwan, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat menuturkan bahwa pengangkatan Sandiaga Uno tak terlepas dari kemenangan anak dan menantu Presiden Jokowi di Pilkada 2020.

Ia menduga posisi Sandiaga adalah kompensasi karena turut memenangkan Gibran Rakabuming Raka di Solo dan Bobby Nasution di Medan. "Kemungkinan kompensasi politik atas jasa Sandiaga Uno memenangkan anak dan menantu Presiden pada Pilkada 2020 yang baru saja selesai," ujar Irwan sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (22/12/20).

Menurutnya, keputusan pengangkatan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu semakin menguatkan praduga publik bahwa dukungan rakyat terhadap Prabowo-Sandi saat Pilpres 2019 telah dijadikan alat tawar-menawar politik masuk dalam kabinet.

Meski demikian, Irwan mengucapkan selamat kepada enam menteri baru Jokowi. IA juga berharap menteri baru tersebut bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah terjadi dan memberikan semangat baru dalam Kabinet Indonesia Maju.

Anggota DPR Fraksi Demokrati itu pun meminta para menteri baru tersebut untuk bersikap lebih responsif dan sensitif dengan kondisi masyarakat dan bangsa di tengah pandemi Covid-19.

Red: Mega

TerPopuler

close