Ini Jawaban Sandiaga Uno soal Penunjukkan Jadi Menteri -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ini Jawaban Sandiaga Uno soal Penunjukkan Jadi Menteri

, 12/22/2020 09:15:00 PM

Sandiaga Uno yang ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif
(Foto: Tempo.co).

Vnn.co.id, Jakarta - Ditunjuknya enam menteri baru yang bakal menduduki kursi Kabinet Indonesia Maju di antaranya adalah Sandiaga Uno. "Saat ini, beliau akan kita berikan tanggung jawab Kementerian Pariwisata dan Perekonomian Kreatif," Demikian pernyataan Presiden Jokowi saat mengumumkan nama-nama menteri baru, Selasa (22/12/20).

Sebelum diumumkan Presiden Jokowi, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang dilantik pada 2017 dan hanya menjabat setahun sebab digandeng Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2019 itu menyampaikan keyakinannya bahwa presiden membutuhkan masukan dari sudut pandang lain. I malah bercerita soal angka pengangguran.

"Saya meyakini bahwa nasih sangat dibutuhkan masukan dari luar pemerintahan, mitra yang kritis konstruktif, menyampaikan pesan-pesan yang jelas demi kemajuan bangsa kita agar Indonesia bisa mengejar ketertinggalan," ujar Sandiaga, Senin (14/10/19) lalu.

Sandiaga Uno menyampaikan bahwa ia akan berada di luar pemerintahan. "Saya bersedia untuk memberikan masukan dari luar pemerintahan menyampaikan hal-hal yang seperti pil pahit," katanya.

Ia khawatir tak bisa memberikan masukan yang objektif jika menjadi bagian dari pemerintah. "Karena kalau sudah di dalam pemerintahan itu nanti dikhawatirkan semuanya, kan asal bapak senang. Ini yang harus kita sampaikan dalam spirit kebersamaan, masukan-masukan ini harus kita sampaikan juga," tutur Sandiaga.

Akan tetapi, saat dipertegas kembali, Sandiaga pun menyatakan bahwa penyusunan kabinet meupakan hak prerogratif presiden. "Jadi, kalau itu, kan prerogratif presiden, prerogratif presiden ya kita hormati, kita hargai," katanya menjelaskan pertanyaan apakah menolak jika ditunjuk jadi menteri.

TerPopuler

close