Siapa Saja Kandidat untuk Kabinet Joe Biden? -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Siapa Saja Kandidat untuk Kabinet Joe Biden?

, 11/19/2020 12:03:00 PM

Ilustrasi (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Jakarta - Dalam beberapa pekan ke depan, Joe Biden selaku Presiden terpilih Amerika Serikat untuk 4 tahun kedepan akan mengumumkan sejumlah pejabat yang akan mengisi kabinet pemerintahannya.
Ron Klain, penasihat tim kampanye Biden pun menjadi pejabat pertama yang menduduki jabatan baru sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Klain sendiri bukanlah sosok asing di White House. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Staf Biden ketika masih menjadi wakil presiden di masa pemerintahan Barack Obama.  

Selain Klain, berikut adalah sejumlah nama pejabat yang digadang akan mengisi posisi strategis lainnya dalam pemerintahan Biden.
Nama-nama tersebut akan melewati proses verifikasi Senat terlebih dahulu sebelum resmi menjabat sebagai pejabat pemerintahan Biden.

Seperti dilansir Politico.com, Jen O'Malley Dillon akan bergabung dalam kabinet Biden sebagai wakil Klain. Dillon merupakan manajer kampanye Biden. Ia telah berkecimpung di dunia kampanye pemilu, termasuk menjadi manajer kampanye Presiden Barack Obama.

Menteri Luar Negeri

Ada tiga nama yang disebut bakal mengisi posisi Menlu AS dalam pemerintahan Biden. Pertama yakni Susan Rice, mantan Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di era Presiden Obama. Mantan penasihat keamanan nasional itu juga pernah menjabat sebagai asisten khusus Presiden Clinton, Direktur Senior untuk Urusan Hubungan dengan Negara Afrika Gedung Putih, dan asisten Menlu AS untuk kawasan Afrika. 

Antony Blinken, mantan Menlu AS pada era Obama, serta Senator Demokrat asal Delaware, Chris Coons juga digadang mungkin untuk mengisi jabatan Menlu AS.

Menteri Pertahanan

Michele Flournoy, mantan wakil menhan AS era Obama, akan menjadi perempuan pertama yang mengemban jabatan menhan jika terpilih. Selama pertengahan 1990-an, Flournoy menjabat sebagai wakil asisten utama Menteri Pertahanan untuk strategi dan ancaman. Flournoy ikut mendirikan Center for a New American Security, lembaga think tank bipartisan, dan WestExec Advisors, firma penasihat strategis. Flournoy juga merupakan penasihat senior di Center for Strategic and International Studies (CSIS).\

Menteri Keuangan

Lael Brainard, anggota Dewan Gubernur Bank Sentral AS digadang menjadi salah satu kandidat Menkeu Biden. Dia pernah menjadi Wakil Menkeu dan penasihat Menkeu di era pemerintahan Obama. Brainard juga merupakan perwakilan AS di G-20 Finance Deputies dan G-7 Deputies. Perempuan 58 tahun ini juga pernah menjadi wakil penasihat ekonomi di masa pemerintahan Clinton.

Sarah Boom Raskin, mantan Wakil Menkeu AS era Obama, menjadi kandidat kedua yang digadang mungkin mengisi posisi Menkeu.

Menteri Keamanan Dalam Negeri

Mantan Wakil Menteri Keamanan Dalam Negeri era Obama, Ali Mayorkas, disebut menjadi salah satu calon pengisi menteri keamanan dalam negeri AS. Ia merupakan pengawas program Deferred Action for Childhood Arrivals, peraturan presiden era Obama yang melindungi anak migran tanpa dokumen yang datang ke AS dari deportasi.

Lisa Monaco, mantan Asisten untuk Presiden urusan Keamanan Dalam Negeri dan Penanggulangan Terorisme era Obama, digadang akan dipanggil Biden untuk membantunya mengisi jabatan itu.

Jaksa Agung

Senator Partai Republik, Doug Jones, masuk dalam bursa kabinet Biden untuk posisi Jaksa Agung. Jones baru saja kalah oleh Senator Tommy Tuberville dalam pemilihan Senat.

Mantan pelaksana tugas Jaksa Agung Sally Yates dikabarkan juga masuk sebagai kandidat Jaksa Agung pilihan Biden. Ia dipecat Trump dari jabatannya setelah meminta pengacara Kementerian Kehakiman untuk tidak membela perintah eksekutif Trump terkait imigrasi dan pengungsi.

Menteri Dalam Negeri

Anggota Kongres Debra Haaland dari New Mexico, warga asli Amerika pertama yang duduk di Kongres, digadang masuk dalam daftar kabinet Biden sebagai Mendagri. Jika benar ditunjuk, Haaland akan menjadi suku Indian pertama yang menjabat sebagai menteri dalam kabinet AS.

Menteri Perdagangan

Eks kandidat presiden Partai Demokrat keturunan Asia, Andrew Yang, disebut sebagai salah satu calon pengisi jabatan Mendag AS di tangan Biden. Pendiri Venture for America yang akrab disapa pendukungnya dengan sebutan "Yang Gang" itu sempat meluncurkan slogan "Make America Think Harder" (MATH) dalam kampanyenya.

Menteri Ketenagakerjaan

Mantan pramugari, Sara Nelson, digadang turut meramaikan bursa kandidat Menaker AS bersama Senator Bernie Sanders, Wali Kota Boston Marty Walsh, dan Anggota Kongres dari Michigan Andy Levin. Nelson kini menjabat sebagai Presiden Association of Flight Attendants-CWA. Ia semakin dikenal sebagai pendiri gerakan buruh selama masa penutupan pemerintahan AS (government shutdown) pada Desember 2018-Januari 2019 lalu.

Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat

Dokter medis internal keturunan India, Vivek Hallegere Murthy, disebut menjadi kandidat Menkes dan pelayanan masyarakat pilihan Biden.

Sementara itu, Wali Kota Atlanta Keisha Lance Bottoms disebut menjadi calon pengisi Menteri Perumahan dan Pembangunan pilihan Biden. Presiden Federasi Guru AS, Randi Wingarten disebut menjadi kandidat Menteri Pendidikan dan Gubernur Washington Jay Inslee menjadi kandidat Menteri Administrasi dan Perlindungan Lingkungan.


Source : politico.com

Rep : Ramadhan Hendro
Red : Ramdhan

TerPopuler

close