Kocak dan Bersejarah: Cerita di Balik April Mop -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Kocak dan Bersejarah: Cerita di Balik April Mop

, 4/01/2023 02:09:00 PM

 

Ilustrasi perayaan April Mop (Design by Sukmasih)

VNN.co.id Siapa yang tidak suka dengan candaan dan kejutan? Setiap tanggal 1 April, orang-orang di seluruh dunia merayakan hari yang sangat unik dan penuh kejutan, yaitu April Mop. Namun, tahukah kamu bagaimana sejarah dan asal mula dari tradisi yang unik dan menghibur ini?

April Mop, yang juga dikenal sebagai "April Fools' Day" di negara-negara berbahasa Inggris, memiliki sejarah yang sangat panjang dan beragam. Banyak ahli sejarah mengatakan bahwa tradisi ini bermula pada zaman Romawi Kuno, di mana pada tanggal 25 Maret hingga 1 April, mereka merayakan festival Hilaria yang menandakan akhir musim dingin dan awal musim semi.

Festival tersebut mencakup berbagai macam perayaan dan kegiatan, termasuk lelucon dan kejutan. Orang-orang pada masa itu mempermainkan teman-temannya dengan mengirimkan hadiah palsu atau undangan palsu ke pesta yang sebenarnya tidak ada. Kemudian, pada abad ke-16, tradisi ini menyebar ke negara-negara Eropa lainnya, termasuk Prancis dan Inggris.

Di Prancis, April Mop disebut "Poisson d'Avril" yang berarti "ikan April". Pada masa itu, orang-orang Prancis akan menempelkan ikan palsu di punggung teman-teman mereka sebagai lelucon. Sedangkan di Inggris, tradisi ini bermula pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth I di abad ke-16. Ratu Elizabeth I memerintahkan agar tanggal 1 April menjadi hari kerja yang normal, sehingga orang-orang yang tetap merayakan hari tersebut dianggap bodoh.

Namun, seiring berjalannya waktu, tradisi April Mop telah berkembang menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar permainan dan lelucon. Banyak perusahaan dan media besar di seluruh dunia menggunakan kesempatan ini untuk merayakan dan menghubungkan diri dengan konsumennya. Bahkan, Google selalu membuat lelucon kreatif setiap tahunnya pada tanggal 1 April.

Namun, meskipun April Mop bisa sangat menghibur dan menggembirakan, kita harus selalu ingat untuk berhati-hati dan tidak berlebihan. Beberapa lelucon bisa sangat tidak sopan dan tidak pantas, dan bisa menimbulkan masalah dan kekhawatiran yang tidak perlu. Kita juga harus memastikan bahwa kita tidak menyinggung atau melukai perasaan orang lain saat melakukan lelucon pada April Mop.

Sekarang, kamu sudah tahu sejarah dan asal mula dari tradisi yang unik dan menghibur ini. Jangan ragu untuk merayakan April Mop dengan teman dan keluarga, tapi ingatlah untuk berhati-hati dan tidak melanggar aturan dan norma yang berlaku. Selamat merayakan April Mop!


Penulis: Sukmasih, VNN

 

TerPopuler

close