Teknologi Digital Nusantara dan Manfaat Bagi Masyarakat Touna -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Teknologi Digital Nusantara dan Manfaat Bagi Masyarakat Touna

, 11/03/2022 12:02:00 PM
Manager Area Sulteng PT Tilongkabila Aceng Lahay (kiri) bersama Presiden Direktur PT Nextron Indonesia Lee Ki Sou (kanan) (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Kota Palu - Teknologi digital adalah suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, tetapi lebih pada sistem pengoperasian otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer.

Pada dasarnya teknologi digital memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik sehingga dapat komputer baca. Salah satu contohnya telepon seluler, di mana saat melakukan panggilan telefon digit yang dikirimkan ke penerima di suatu tempat menggunakan gelombang radio.

Hadirnya teknologi digital yang akan diberikan secara gratis ke desa, merupakan terobosan baru yang nantinya akan dilakukan oleh salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Telekomunikasi yakni PT Tilongkabila Tecknologi Indonesia yang bekerjasama dengan PT Nextron Indonesia, yang nantinya akan di Launching oleh Gubernur Sulawesi Tengah.

Direktur Utama PT Tilongkabila Tecknologi, H. Idrus Lasimpala yang berkunjung ke Kabupaten Tojo Una Una bersama Presiden Direktur PT Nextron Indonesia Lee Ki Sou, di dampingi Wakil Ketua Kadin dan Manager Area Sulteng PT Tilongkabila Aceng Lahay bersama Rombongan, berkesempatan memaparkan program yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tojo Una Una.

H. Idrus Lasimpala yang bukan lain adalah putra daerah Kabupaten Tojo Una Una mengatakan bahwa dirinya siap menghadirkan program Digital Nusantara, yang mana program ini nantinya sangat bermanfaat bagi masyarakat hingga ke pelosok Touna.

"Insya Allah program ini sementara kita buat, nantinya akan bisa bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Ketika Program Digital Nusantara ini berjalan masyarakat yang ada di pelosok yang belum memiliki jaringan tentunya akan menikmati internet secara gratis. "Misalnya kita akan siapkan alat-alat penunjang dan itu sudah sementara kita buat," tambahnya.

Lanjut H. Idrus Lasimpala mengatakan bahwa dirinya dibesarkan di Kabupaten Tojo Una Una dengan berbagai kekurangan.

"Hari ini saya datang lagi untuk mengaplikasikan ilmu yang saya miliki di bidang digital tentang jaringan. Saya ingin majukan Touna lewat program Digital Nusantara, disini masyarakat bisa menikmati hasil karya dari kita, dan kita kini telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan besar asal Korea yakni PT Nextron Indonesia. Yang pada hari ini Presiden Direkturnya bersama jajaranya juga hadir disini bersama kami untuk melihat langsung kondisi wilayah disini," tandasnya.

Lanjut H. Idrus Lasimpala, yang paling penting itu ada jaringan Internet, yang jelas tujuan kita mempermudah masyarakat dan membantu petani, nelayan, sekolah dan lainnya.

"Nanti kita akan sampel dulu, lihat saja alat yang kita pasang pasang tanpa jaringan kabel penghubung yang biasa kita lihat pada umumnya. Kita gunakan gelombang suara untuk menangkap jaringan," jelasnya.

Ia juga berharap nantinya Kepala Desa bisa berperan disini karena program ini tidak merugikan mereka dan malah menguntungkan. "Dan kalau jalan ini program maka ada banyak manfaat yang masyarakat dapat," ucapnya.

Rep: Mohamad Idham
Red : Ramdhan

TerPopuler

close