5 Tips Aman Berkendara saat Musim Hujan Versi Nasional News -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

5 Tips Aman Berkendara saat Musim Hujan Versi Nasional News

, 11/07/2021 08:20:00 PM

 

Illustrasi: Pinterest.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Indonesia sudah memasuki musim penghujan yang mengharuskan kita melakukan segala aktivitas dengan berhati-hati. Seperti saat berkendara saat musim hujan. Mau tidak mau, terkadang kita diharuskan berkendara saat hujan untuk mencapai tujuan yang tidak bisa ditunda.


Tidak jarang, banyaknya kecelakaan di jalan terjadi saat musim hujan karena kelalaian pengemudi saat berkendara.


Maka dari itu, kita harus menyiapkan kondisi berkendara saat musim hujan. Mulai dari kondisi fisik dan kondisi kendaraan.


Berikut 5 Tips aman berkendara saat musim hujan ala VNN.co.id:


1.     1. Pastikan tekanan udara ban kendaraan sesuai anjuran pabrik


Sebelum menggunakan kendaraan, pastikan tekanan udara ban dalam keadaan normal. Ini penting untuk menghindari ban kendaraan tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir karena kurangnya tekanan udara.


Acuan tekanan udara pada ban biasanya terdapat pada bentuk ban saat ditumpangi beban. Jika bulat sempurna tandanya bagus dan pas. Namun, jika agak kempes dan berubah bentuk tandanya perlu diisi tambahan angin.


Jika ban sudah tipis, sebaiknya diganti karena bisa mengakibatkan kelicinan saat berkendara di jalan. Selain itu, ban yang tipis juga akan memperbesar terjadinya aquaplaning, yaitu ban tidak menapak saat melalui jalan basah.

 

2.     2. Pastikan kondisi semua lampu kendaraan


Sebelum berkendara pastikan kita mengecek semua lampu kendaraan. Lampu kendaraan saat hujan menjadi media untuk mendeteksi objek yang ada di depan kita, sehingga pengguna jalan menjadikan lampu sebagai indikator adanya kendaraan lain di depannya.


Lampu yang perlu dicek di antaranya, seperti lampu utama, lampu jarak dekat jarak jauh, lampu sign (tanda), lampu darurat.

 

3.     3. Jaga jarak kendaraan lebih jauh dibandingkan dengan berkendara normal


Saat kondisi hujan dan sedang berkendara, selain jalan licin dan konsentrasi terganggu, jarak pandang juga menjadi terbatas akibat guyuran hujan. Jika kita sedang berkendara mobil maupun motor baik pada siang maupun malam dengan adanya hujan akan membuat suasana menjadi gelap.


Mak dari itu, diperlukan menjaga jarak kendaraan di atas jarak normal agar menghindari kecelakaan ketika berkendara saat hujan. Biarkan kendaraan lain di depan menjauh sekitar 1 meter dari jarak kita.

 

4.     4. Pastikan pandangan jelas dan tidak terhalang


Hal yang paling penting ketika berkendara saat musim hujan ialah memperhatikan jangkauan pandangan sekitar. Jangan sampai pandangan terhalang.


Pastikan jelas dan terlihat semuanya. baik kendaraan mobil maupun motor, bersihkan kaca mobil bagian depan dan belakang dan bagi motor pastikan helm yang digunakan nyaman dan bersihkan visor helm jangan sampai ada noda.

 

5.     5. Periksa kelengkapan dan keselamatan berkendara


Sebelum berkendara hendaknya persiapkan peralatan dan kelengkapan saat berkendara. Seperti berkendara dengan motor menyiapkan jas hujan dan sepatu boots atau sandal jika perlu agar melindungi kaki dari basahnya air hujan. Menyiapkan kanebo, baju ganti, dan plastik saat perjalanan melalui hujan.


Selain itu, kondisi tubuh harus fit. Jika lelah menepi dan istirahat sejenak, karena kondisi tubuh yang kurang sehat akan sangat berbahaya apabila dipaksakan mengendarai kendaraan. Pastikan keselamatan yang utama baik dari diri sendiri dan pengendara lain

 

Itulah 5 tips aman berkendara pada musim hujan. Jika tidak darurat sebaiknya menghindari aktivitas berkendara pada musim hujan. Hati-hati di jalan, ya! Pastikan kamu dan pengguna jalan berkendara denga aman, nyaman, dan tertib.

 

Penulis: Sisilia Harwina

Editor: Mega

 

 

 

 

TerPopuler

close