Jenang Jubung, Oleh-Oleh Daun Pinang yang Banyak Diburu -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Jenang Jubung, Oleh-Oleh Daun Pinang yang Banyak Diburu

, 10/19/2020 08:05:00 PM

Ilustrasi jenang jubung, oleh-oleh khas Gresik.


Vnn.co.id, Gresik - Jenang jubung merupakan jajanan khas Gresik yang sedikit berbeda dari jenang pada umumnya. Kudapan ini memiliki tekstur yang lebih kenyal, lembut, gurih, dan manis. Terbuat dari ketan hitam yang ditaburi biji wijen di atasnya. Biasanya, ditempatkan di selongsong warna putih yang terbuat dari daun pinang muda. Jajanan ini dapat Anda temukan dengan mudah.

Perlu ketelatenan dan kesabaran dalam proses pembuatan kudapan ini, karena akan menghabiskan waktu sekitar 24 jam. Dalam proses tersebut dilakukan perendaman ketan hitam, kemudian menggiling ketan, memasak ketan, sampai membungkus ketan menjadi jubung.

Cara membuatnya yaitu ketan direndam selama 12 jam, setelah itu ketan digiling hingga halus. Pada saat yang bersamaan, kelapa diparut dan kemudian diambil sarinya dan dimasak hingga kental.

Setelah itu, tepung ketan dimasukkan ke dalam wajan sambil dicampurkan dengan sari kelapa yang sudah dimasak. Untuk menimbulkan rasa yang lebih baik, ditambahkan telur ayam pada adonan.

Proses memasak adonan ini adalah yang terlama karena membutuhkan waktu sekitar enam jam sampai adonan benar-benar kental dan menghasilkan jubung dengan tekstur baik. Setelah adonan mengental, gula pasir ditambahkan untuk memberi rasa legit pada jubung.

Kebanyakan juru masak jubung ini adalah lelaki karena adonannya harus diaduk terus-menerus. Jubung mempunyai ciri khas, yaitu bungkusnya yang terbuat dari daun pinang muda yang dililit menyerupai gelas ukuran mini yang biasa disebut "ope".

Sebab cita rasa yang begitu nikmat, jajanan ini banyak diburu orang untuk dijadikan oleh-oleh.  Tak perlu repot-repot mencarinya di Kota Gresik ini. Kini, sudah banyak yang memasarkan jenang jubung hingga seantero Indonesia. Bahkan dijual melalui jasa online. Penasaran? Yuk, cus saja ke Kota ini untuk mencicipi jenang jubung dengan rasa yang sangat menawan.


Red : Mega

TerPopuler

close