Tol Cimanggis-Cibitung Rampung dan Gratis mulai November -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Tol Cimanggis-Cibitung Rampung dan Gratis mulai November

, 11/11/2020 08:23:00 PM

Ruas Tol Cimanggis-Cibitung yang telah dioperasikan mulai 10 November 2020.


Vnn.co.id, Jakarta - Ruas Tol Cimanggis-Cibitung seksi I telah rampung dan siap operasi. Tol sepanjang 2,8 km ini menghubungkan Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya. Sedangkan seksi II sepanjang 23,4 km (On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung) masih dalam proses penyelesaian.

Jalan tol ini akan menghubungkan akses jalan Cibubur ke Tol Jagorawi dimana kondisinya saat ini sudah sangat padat terutama pada jam kerja dan jam pulang kerja, sehingga diharapkan masyarakat pada kawasan tersebut memiliki jalur alternatif dalam mengurai kemacetan.

Jika sebelumnya untuk menuju ke tengah akses jalan Transyogi/Alternatif Cibubur dari Tol Jagorawi dan sebaliknya bisa memakan waktu lebih dari 30 menit, kini dengan dioperasikannya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I hanya akan membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit saja.

Kini, ruas tol Cimanggis-Cibitung seksi I tersebut telah dioperasikan per tanggal 10 November 2020. Masyarakat pun bisa menggunakan tol milik PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) anak usaha Waskita Toll Road (WTR) yang menghubungkan Cibubur-Tol Jagorawi sepanjang 2,75 km. Peresmian ruas tol ini juga menandakan bertambahnya jumlah ruas tol yang beroperasi milik WTR menjadi 9 Ruas tol.

"Adanya jalan tol ini diutamakan sebagai akses pengurai kemacetan yang menghubungkan akses jalan tol Cibubur - Tol Jagorawi yang sudah sangat padat," ujar Herwidiakto, Direktur Utama WTR.

"Selain itu, dengan adanya ruas tol ini akan membuka alternatif perjalanan pada penggunaan jalan tol, khususnya saat berada di jam-jam sibuk," imbuhnya.

Konstruksi ruas tol ini dimulai sejak bulan Agustus 2015 yang terdiri dari 2 (dua) seksi, yaitu seksi I (satu) Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya (Akses Cibubur - Tol Jagorawi) yang dioperasikan non tarif hari ini, seksi II (dua) On/Off Ramp Jatikarya - Junction Cibitung yang memiliki ruas tol sepanjang 23 Km.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing investasi.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I beroperasi setelah diterbitkannya Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1540/KPTS/M/2020 tanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I (Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyatakan, pengoperasian Seksi I Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dioperasikan tanpa tarif mulai Selasa, 10 November 2020.

"Dibukanya ruas ini tanpa tarif merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat hingga akhir November 2020," ujar Danang, Rabu (4/11/20).

Red : Mega

TerPopuler

close