Perairan Angke dan Ancol Tercemar Paracetamol, LIPI Imbau Pengawasan pada Perusahaan Farmasi Terdekat -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Perairan Angke dan Ancol Tercemar Paracetamol, LIPI Imbau Pengawasan pada Perusahaan Farmasi Terdekat

, 10/03/2021 10:09:00 AM

 

Kawasan wisata Ancol, Jakarta. (Foto/Suara.com)

Vnn.co.id, Jakarta - Perairan di kawasan Jakarta Utara, yaitu Angke dan Ancol diketahui telah terkontaminasi dengan senyawa obat-obatan konsentrasi tinggi. Hal ini diketahui dalam jurnal penelitian yang dirilis Science Direct.

 

Penelitian dilakukan oleh tim gabungan dari beberapa peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Universitas Brighton, Inggris. Dalam judulnya 'Konsentrasi Tinggi Paracetamol di wilayah Perairan Teluk Jakarta, Indonesia' yang ditulis oleh Koagouw dan lainnya.

 

Hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa perairan Angke dan Ancol tercemar oleh beberapa senyawa obat-obatan. Dari sampel air tersebut, diketahui terdapat kandungan Paracetamol sebanyak 610 nanogram di perairan Angke dan 420 nanogram di perairan Ancol.

 

"Konsentrasi tinggi yang terdeteksi, dibandingkan dengan tingkat lain yang dilaporkan dalam literatur ilmiah, meningkatkan kekhawatiran tentang risiko lingkungan yang terkait dengan paparan jangka panjang, dan terutama dampak pada peternakan kerang di dekatnya," dilansir oleh CNN Indonesia, yang ditulis dalam laporan yang terlampir di Research Gate

 

Menyikapi hal itu, Pemprov DKI menindaklanjuti temuan tersebut. Dinas Lingkungan Hidup menyatakan, selama ini penelitian terhadap air laut di Teluk Jakarta dilakukan setiap dua tahun.

 

Namun, peneliti mengimbau dan memberi catatan agar penelitian dilanjutkan dengan mengawasi kegiatan perusahaan farmasi di dekat perairan tersebut.


Rep: Pranaja

Red: Mega

TerPopuler

close