HUT TNI ke-76, Jokowi Minta TNI Sigap Menghadapi Ancaman Siber hingga Terorisme -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

HUT TNI ke-76, Jokowi Minta TNI Sigap Menghadapi Ancaman Siber hingga Terorisme

, 10/05/2021 02:01:00 PM

Suasana Upacara HUT TNI ke-76 (YouTube/Sekertariat Presiden).
 

Vnn.co.id, Tangerang - Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indoensia (TNI) yang ke-76 telah dilaksanakan pada Selasa (5/10/21) pagi hari di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Jokowi meminta kepada para TNI agar selalu sigap dalam menghadapi segala ancaman. Kepala negara Indonesia itu pun memberikan pujian kepada para TNI karena selalu menunjukkan profesionalismenya dalam bertugas.

 

“ … Keberhasilan kita dalam menagani Covid-19 ini  tidak terlepas dari peran besar TNI. TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam penugasan. Saya juga meminta kesigapan TNI untuk selalu diaktifkan dalam menghadapi ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, ancaman biologi termasuk juga ancaman bencana alam,” ujar Joko Widodo dalam pidatonya yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekertariat Presiden, Selasa (5/10).


Presiden Joko Widodo juga memberikan ucapan selamat dan terimakasih atas kerja keras para TNI selama ini terutama di masa pandemi Covid-19 yang telah menguras tenaga, pikiran serta mental. 


“Selamat Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa, semoga Tuhan Yang Maha Ssa selalu bersama kita. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia. Bersatu berjuang, kita pasti menang,” tambahnya.


Upacara HUT TNI ini turut dihadiri oleh ibu negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presdien RI Ma’ruf Amin beserta istri Wury Ma’ruf Amin. Selain itu, Sekertaris Militer, para menteri, Panglima TNI, Kepala Kepolisian Negara Indonesia, Kepala Staff TNI Angkatan Darat, Kepala Staff Angkatan Laut, Kepala Staff Angkatan Udara, dan seluruh Prajurit TNI Indonesia pun turut mengikuti upacara ini.


Upacara Peringatan HUT TNI ke-76 ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, di antaranya Pembacaan Sapta Marga TNI, Penganugerahan Tanda Kehormatan, penyampaian pidato oleh Inspektur Upacara yaitu Presiden Joko Widodo, demonstrasi udara penerbangan Helikopter Trimarta, dan penerbangan Pesawat Tempur TNI AU yang melintas di Istana Merdeka, serta konferensi vidio dengan para Prajurit TNI yang berada di tempat tugasnya masing–masing baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

Di akhir acara, Presiden Joko Widodo melakukan konfreensi video dengan para prajurit yang sedang bertugas di dalam maupun luar negeri untuk mengetahui kondisi di lapangan tempat para prajurit berjaga, di antaranya prajurit yang sedang melaksanakan operasi pengamanan di Laut Natuna Utara, Perbatasan Indonesia–Malaysia, Kepulauan Rote, prajurit yang sedang melakukan penjagaan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Surabaya, serta para prajurit yang sedang melakukan operasi pemeliharaan perdamaian di perbatasan Lebanon dan Israel.

 

Dalam agenda besar tersebut, terlapor bahwa secara keseluruhan situasi dan kondisi di tempat para prajurit TNI bertugas aman terkendali, dan seluruh kondisi para prajurit TNI dipastikan sehat selama bertugas.

 

Rep: Alfi Khaerotunnisa

Red: Mega

 

TerPopuler

close