Berikut 6 Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 2021 -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Berikut 6 Fakta Menarik Seputar PON XX Papua 2021

, 10/04/2021 08:59:00 PM

 

Ilustrasi dari FreepIk.com

 

Vnn.co.id, Papua - Perhelatan Pekan Olahraga Nasional ke-20 di Papua telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Meskipun seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 harus mundur karena pandemi virus Covis-19, akan tetapi PON XX Papua ini telah dibuka pada 1 Oktober tahun ini.


Melansir dari detik.com, PON XX akan didelar 37 cabang olahraga dengan diikuti 10.000 atlet dan official serta 34 kontingen atau provinsi yang tersebar di Indonesia. Oh, ya. Tahukah kamu terdapat fakta menarik dari pagelaran PON XX Papua ini? Mari simak 6 Fakta menarik dari PON XX!


 1. Esport pada PON XX


Untuk para pemain games pasti sangat menyukai hal ini, karena pada PON tahun 2021 ini E-sport masuk dalam cabang olahraga baru. Meskipun hanya menyertakan 5 cabang, yaitu Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, e-Football PES 2021, dan Lokapala.


Menariknya, dari kelima esport tersebut hanya empat games yang memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu. Untuk pertandingan Lokapala, tidak memperebutkan medali karena hanya untuk pertandingan persahabatan saja.  

 

 2. Cakupan wilayah yang luas


Untuk perhelatan PON tahun ini sedikit berbeda dari sebelumnya yang biasa hanya menggunakan dua kota sebagai venue acara. Pada PON XX Papua kali ini, akan menggunakan 4 wilayah, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Marauke.


Melansir dari travel.okezone.com, Penyelanggaran PON XX ini tersebar merata dengan rinician berikut:

-       Kota Jayapura dengan 15 Cabor dan 21 nomor disiplin

-       Kabupaten Jayapura dengan 14 Cabor dan 22 nomor disiplin

-       Kabupaten Mimika dengan 9 Cabor dan  12 nomor disiplin

-       Kabupaten Marauke dengan 6 Cabor dan 6 nomor disiplin


 3. Beberapa pertandingan dimulai sebelum pembukaan PON


Meskipun peresmian PON XX Papuan ini dilakukan pada 2 Oktober 2021, beberapa cabor sudah melakukan pertandingan terlebih dahulu.

 

Pertandingan Cabor yang dilakukan terlebih dahulu dimulai dengan Softball Putra pada 22 September. Selain itu, esport, polo air, wushu, baseball, dan beberapa cabor lain sudah melakukan pertandingan sebelum peresmiannya dan akan diakhiri pada 15 Oktober tahun 2021.

 

 4. Adanya Penonton di venue dalam masa pandemi


Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, dalam acara PON XX Papua ini boleh dihadiri oleh penonton. Penonton yang hadir dalam venue PON XX kali ini diperbolehkan dengan presentase sebesar 25 persen termasuk dengan para atlet dan official.

 

Selain itu, dengan adanya pononton atau supporter panitia PON kali ini akan menerapkan potokol kesehatan secara ketat dan juga memberikan informasi dan penyuluhan sebelum digelarnya pertandingan. Dalam penerapan protokol kesehatan ini, salah satu yang wajib dilakukan adalah vaksinasi.

 

 5. Noken sebagai ikon Papua


Noken yang merupakan tas tradisional papua sebagai alat membawa barang bagi masyarakat Papua ini akan dijadikan sebagai ikon Papua. 25 ribu Noken nantinya akan diberikan kepada para atlet dan official sebagai merchandise PON XX Papua. Selain itu, BP PON akan berkolaborasi dengan Masyarakat papua guna diberikan lokasi untuk menjual Noken dari Papua di area venue.

 

 6. Maskot Endemik Papua


Dalam PON XX kali ini, Papua memilih Kanguru Pohon “Kangpho” dan Burung Cendrawasih “Dwara” sebagai maskot yang merupakan binatang endemik di Papua. Pemilihan kedua maskot ini juga dikarenakan kedua hewan tersebut memasuki kategori hewan yang dilindungi. Selain berdasarkan alasan tersebut, Papua merupakan tuan rumah perhelatan PON XX tahun ini.


Penulis: Rizky Dwi
Editor: Mega

TerPopuler

close