Ketahui 3 Penyebab Warna Kulit Tidak Merata -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ketahui 3 Penyebab Warna Kulit Tidak Merata

, 9/21/2021 07:56:00 PM

 

Ilustrasi: JawaPos.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Warna kulit tidak merata sering sekali terjadi pada wanita maupun pria. Tentunya dengan penyebab yang bermacam-macam, apalagi dengan pertambahan usia dan tingkat aktivitas, warna kulit rentan mengalami perubahan.


Dilansir dari CNNindonesia, warna kulit tidak merata umumnya mengacu pada masalah tekstur, kemerahan, muncul bercak putih atau bitnik hitam, hingga hiperpigmentasi.


Berikut merupakan penyebab warna kulit tidak merata:


1. Ketidakseimbangan hormon


Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh merupakan salah satu penyebab warna kulit tidak merata. Hal ini sering terjadi pada wanita hamil atau yang sudah menopause karena terjadinya perubahan jumlah hormon.


Peningkatan produksi melanin pada wanita hamil membuat kulit wajah menjadi belang-belang atau tidak merata. Hal ini tidak berbahaya karena dapat hilang perlahan saat kadar hormon menurun.


Sama halnya dengan wanita yang sudah menopause, hormon estrogennya lebih rendah dan berimbas pada elastisitas kulit yang berkurang serta warna kulit yang tidak rata.


2. Terkena paparan sinar UV


Terkena paparan sinar matahari atau ultraviolet juga merupakan penyebab warna kulit tidak merata karena membuat hiperpigmentasi, terlebih jika kulit Anda tidak dilindungi dengan tabir surya.


Jika terpapar sinar matahari terlalu lama tanpa dilindungi tabir surya, kulit akan cepat kemerahan bahkan menimbulkan belang.


Selain itu, Anda juga akan mengalami gangguan hormon yang dapat berujung pada melasma yang ditandai dengan bercak-bercak di bagian pipi, dahi, dan atas bibir.


3. Pemakaian skincare tidak tepat


Memakai skincare yang tidak tepat dengan kebutuhan kulit dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, seperti munculnya white spot karena kulit menjadi kering serta mengelupas.


Hal ini juga disebabkan adanya perubahan lain sebagai reaksi dari zat aktif skincare yang tidak cocok di kulit wajah, sehingga memicu sensitivitas berlebih pada kulit.

 

Bagaimana, apakah Anda salah satu yang memiliki warna kulit tidak merata? Simak penyebabnya di atas, ya, dan pastikan tidak mengulanginya lagi! Yuk, rawat kulit wajah kita.

 

Penulis: Canda Christie

Editor: Mega


TerPopuler

close