Jokowi Berkunjung ke Solo, 10 Mahasiswa Ditangkap Polisi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Jokowi Berkunjung ke Solo, 10 Mahasiswa Ditangkap Polisi

, 9/14/2021 11:11:00 AM


Poster yang disita polisi saat kunjungan Jokowi ke Solo (Foto: TribunSolo.com)
.

Vnn.co.id, Solo - Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke UNS (Universitas Sebalas Maret) Solo, pada Senin (13/09/2021) diwarnai aksi penangkapan sejumlah mahasiswa. Total berjumlah sepuluh orang yang diamankan oleh polisi. Penangkapan tersebut dialami oleh sejumlah mahasiswa karena membentangkan poster kritik di Jalan Ir Sutami atau halte UNS di Kecamatan Jebres yang ditujukan untuk rombongan Jokowi.

 

Dilansir dari CNNIndonesia.com, aksi tersebut digelar mewakili Presiden dan Wakil Presiden BEM se-UNS. Poster berisi kritik tersebut ditujukan kepada Presiden Jokowi yang akan menghadiri Forum Rektor se-Indonesia di Auditorium Fakultas Kedokteran UNS.

 

Daffa yang merupakan salah satu mahasiswa yang ditangkap, mengakui bahwa dirinya dan temannya dipaksa masuk mobil oleh polisi serta menyita posternya. Adapun isi dari poster tersebut tidak ada yang menghina presiden Jokowi, "Isinya dengan kata-kata yang sopan, misalnya 'Jokowi tolong benahi KPK,'" kata Daffa, dikutip dari TribunSolo.

 

Presiden BEM UNS Zakky Musthofa, menyatakan bahwa mahasiswa sudah mengajak Presiden Jokowi untuk bertemu secara tatap muka dalam membahas isu nasional sebelum melakukan aksi jalanan. Namun, ajakan tersebut tidak digubris oleh pihak Presiden.

 

"Ternyata kami tidak diberi kesempatan, baik secara akademis maupun di jalanan. Padahal kami tidak membuat aksi yang besar yang menimbulkan kerumunan," katanya pada CNN Indonesia.

 

Kini, masalah penangkapan tersbut sudah selesai, Zakky menyebutkan bahwa polisi telah membebaskan sepuluh mahasiswa UNS yang ditangkap, setelah sebelumnya mereka sempat dibawa personel polisi menuju Polresta Surakarta.


Reporter: Pranaja

Red: Mega

TerPopuler

close