Ilustrasi: Pintarkomputer. |
Vnn.co.id, Jakarta - Layanan internet Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan di beberapa wilayah sejak Minggu (19/9/2021) sore. Pengguna provider kedua layanan ini pun mengeluhkan adanya penurunan kualitas jaringan IndiHome dan Telkomsel yang menjadi trending di Indonesia dalam media sosial Twitter. Adanya gangguan layanan internet ini dibenarkan oleh pihak IndiHome dan Telkomsel. Melalui akun Instagram resminya @indihome, pihaknya saat ini sedang memperbaiki masalah yang terjadi.
"Sehubungan
dengan adanya gangguan pada jaringan kami, saat ini kami tengah melakukan
perbaikan agar layanan IndiHome bisa beroperasi dengan normal kembali,"
tulis @indihome dalam Instastory-nya.
Hal senada juga
disampaikan oleh Telkomsel lewat akun Instagramnya. Telkomsel
menyebut, titik gangguan terjadi di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara,
Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua Barat.
Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas
pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.
Pujo mengatakan, pihaknya tengah berupaya melakukan perbaikan sehingga
jaringan kembali berfungsi dengan normal. "Kami segera mempersiapkan upaya
perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi
normal," kata Pujo.
Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (20/9/2021)
pagi. Sebelumnya, disebutkan terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut
Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak. Gangguan ini
terjadi pada Minggu sore.
Upaya yang dilakukan saat ini adalah memperbaiki kualitas jaringan
layanan TelkomGroup. Perbaikan dilakukan baik fixed maupun mobile
boradband. Telkom juga melakukan
rerouting traffic. Hal ini dilakukan sebagai alternatif jalur komunikasi menuju
Batam.
Selain itu, ada penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia, seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang
internasional di Manado.
"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," ujar dia. Menurutnya, layanan internet TelkomGroup mulai berangsur normal sejak tengah malam hingga Senin (20/9/2021) pagi. Namun, pada Senin pagi hingga siang ini, belum stabilnya jaringan internet masih disampaikan pengguna.
Rep: Isnatul Fajar Khoela Ani
Red: Mega