Ini Sebabnya Layanan Internet Indihome dan Telkomsel Down -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ini Sebabnya Layanan Internet Indihome dan Telkomsel Down

, 9/22/2021 02:20:00 PM

 

Ilustrasi: Pintarkomputer.

Vnn.co.id, Jakarta - Layanan internet Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan di beberapa wilayah sejak Minggu (19/9/2021) sore. Pengguna provider kedua layanan ini pun mengeluhkan adanya penurunan kualitas jaringan IndiHome dan Telkomsel yang menjadi trending di Indonesia dalam media sosial Twitter. Adanya gangguan layanan internet ini dibenarkan oleh pihak IndiHome dan Telkomsel. Melalui akun Instagram resminya @indihome, pihaknya saat ini sedang memperbaiki masalah yang terjadi.


"Sehubungan dengan adanya gangguan pada jaringan kami, saat ini kami tengah melakukan perbaikan agar layanan IndiHome bisa beroperasi dengan normal kembali," tulis @indihome dalam Instastory-nya.


Hal senada juga disampaikan oleh Telkomsel lewat akun Instagramnya. Telkomsel menyebut, titik gangguan terjadi di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua Barat.


Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.


Pujo mengatakan, pihaknya tengah berupaya melakukan perbaikan sehingga jaringan kembali berfungsi dengan normal. "Kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," kata Pujo.


Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (20/9/2021) pagi. Sebelumnya, disebutkan terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak. Gangguan ini terjadi pada Minggu sore.


Upaya yang dilakukan saat ini adalah memperbaiki kualitas jaringan layanan TelkomGroup. Perbaikan dilakukan baik fixed maupun mobile boradband. Telkom juga melakukan rerouting traffic. Hal ini dilakukan sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam.


Selain itu, ada penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia, seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.


"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," ujar dia. Menurutnya, layanan internet TelkomGroup mulai berangsur normal sejak tengah malam hingga Senin (20/9/2021) pagi. Namun, pada Senin pagi hingga siang ini, belum stabilnya jaringan internet masih disampaikan pengguna.

 

Rep: Isnatul Fajar Khoela Ani

Red: Mega

 

TerPopuler

close