Hal Hal yang Harus Diperhatikan saat Mendaki, Pemula Wajib Tahu! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Hal Hal yang Harus Diperhatikan saat Mendaki, Pemula Wajib Tahu!

, 9/10/2021 02:08:00 PM

Ilustrasi: Wartabromo.

 

Vnn.co.id, Pariwisata - Kegiatan mendaki gunung seakan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi seseorang yang bukan termasuk sosok pecinta alam. Bagi pecinta alam, mendaki gunung sudah menjadi kegiatan rutin, sehingga menemui jalur sesusah apa pun tidak akan menjadi masalah. Lantas, bagaimana dengan pemula yang ingin mendaki gunung? Berikut hal-hal yang harus diperhatikan pemula:


1. Olahraga agar Fisik Kuat


Mendaki bukan kegiatan yang bisa dilakukan dengan keputusan yang singkat. Jika kamu tidak terbiasa berjalan jauh, jangan berani melakukan pendakian. Berjalan ringan, jogging, hingga mengangkat barang berat harus dibiasakan selama berminggu-minggu sebelum melakukan pendakian. Hal tersebut dikarenakan mendaki gunung adalah proses perjalanan dengan medan yang bukan seperti jalan aspal serta harus membawa beban berat di punggung.


2. Pilih Gunung dengan Medan Ringan


Sebagai pendaki, sangat penting untuk tahu bagaimana ketinggian dan jalur gunung yang akan didaki. Bagi pemula, memilih gunung dengan jalur ringan adalah kewajiban. Seberapa kamu merasa fisik telah terlatih selama berminggu-minggu sebagai persiapan pendakian perdana, tetapi Sahabat belum terlatih melalui jalur pendakian. Pilih gunung yang tidak terlalu tinggi dengan jalur yang ringan. Biasanya, untuk menuju suatu puncak gunung akan tersedia beberapa jalur dengan tingkat kesusahannya masing-masing. Sahabat harus mempelajarinya dengan bertanya kepada teman yang sudah terbiasa mendaki, mana jalur yang bersahabat untuk pemula.


3. Perhatikan Persiapan dan Bekal


Mendaki gunung tidak bisa dilakukan dalam sehari, biasanya pendaki akan menginap di pos tertentu untuk beristirahat bahkan menyiasati waktu supaya mendapatkan pemandangan indah ketika sampai puncak. Maka dari itu, pendaki bakal membawa banyak beban selama pendakian sebagai persiapan bekal di perjalanan dan di puncak. Makanan manis cocok untuk dikonsumsi selama di perjalanan karena bisa menambah energi. Selain itu, yang paling utama adalah persediaan air, jangan sampai seorang pendaki mengalami dehidrasi setelah berkeringat dalam perjalanan.


Ketika di puncak tentu keadaan udara lebih dingin ketimbang di bawah. Maka dari itu, membawa jaket tebal hingga selimut adalah pilihan terbaik. Biasanya, beberapa pendaki akan membawa kompor portabel kecil untuk memasak ketika bermalam di puncak. Bawalah beberapa bekal makanan yang bisa dikonsumsi di puncak dan mengandung banyak karbohidrat.

 

4. Pergi dengan Kelompok yang Sudah Berpengalaman


Pecinta alam jangan hanya diartikan sebagai suatu kelompok resmi, tetapi juga mereka yang sudah melakukan kegiatan mendaki gunung. Sebagai pemula, pergi bersama dengan pendaki yang sudah terbiasa adalah suatu keharusan guna memperkecil risiko kecelakaan dan supaya mendapatkan bimbingan selama pendakian. Kegiatan mendaki gunung sudah dikenal sebagai kegiatan berkelompok. Mendaki gunung bukan kegiatan yang individualis sehingga pemula tidak perlu khawatir. Teman dalam kelompok mendaki akan terus menjaga satu sama lain hingga sampai puncak, bahkan sampai turun kembali dan sampai rumah masing-masing.


5. Biasakan Menjaga Kebersihan


Seorang pendaki adalah seorang pecinta alam. Mereka akan menghormati alam sehingga sepanjang perjalanan tidak akan merusak sekitar, bahkan untuk sekadar membuang sampah sembarangan. Ketika kamu masih sering membuang sampah sembarangan, biasakan diri untuk lebih menjaga kebersihan.


Bersikap baik pada alam adalah motto seorang pendaki. Bahkan, beberapa gunung memiliki mitos untuk jangan membawa apa-apa ketika turun, bahkan sekadar batu hingga tanamannya sebagai bentuk penghormatan bagi alam.


Nah, begitulah hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin mendaki gunung dengan aman dan selamat. Pastikan jaga kesehatan dan jangan lupa untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan.

 

Penulis: Isnatul Fajar Khoela Ani

Editor: Mega

TerPopuler

close