Bioskop Diperbolehkan Buka Kembali di Wilayah PPKM Level 2 dan 3, Begini Tanggapan Masyarakat -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Bioskop Diperbolehkan Buka Kembali di Wilayah PPKM Level 2 dan 3, Begini Tanggapan Masyarakat

, 9/14/2021 07:13:00 PM

 

Ilustrasi Bioskop (freepik.com).


Vnn.co.id, Tangerang - Pandemi Covid-19 yang belum juga selesai, mengharuskan Indonesia menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai bentuk upaya penanganan pandemi Covid-19. Beberapa daerah, seperti Jawa–Bali telah menerapkan PPKM sejak bulan Juli lalu yang terus menerus diperpanjang hingga 20 September nanti.  Adanya penerapan PPKM membuat beberapa kegiatan di tempat umum, seperti mall, bioskop, dan tempat umum lainnya pun dibatasi bahkan ditutup sementara.

 

Dilansir dari Kumparan.com (14/09), terdapat beberapa pelonggaran terhadap penerapan PPKM yang diperpanjang hingga 20 September 2021, salah satunya ialah dengan kembali dibukanya Bioskop. Hal ini terjadi karena adanya penurunan kasus Covid-19 sehingga keputusan untuk membuka kembali bioskop pun dapat dilakukan.

 

“Pertama pembukaan bioskop dengan kapasitas 50 persen pada wilayah level 2 dan 3 dengan kewajiban menggunakan aplikasi peduli lindungi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Luhut Pandjaitan selaku Koordinator PPKM Level Jawa-Bali yang dikutip dari Kumparan.com (14/09).

 

“Hanya orang–orang yang termasuk kategori hijau yang boleh masuk ke bioskop dengan prokes yang ketat,” tambahnya.

 

Dalam hal ini, pemerintah memanfaatkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk mengetahui apakah orang tersebut berstatus hijau atau tidak dengan melihat riwayat vaksinasi dan melihat status apakah orang tersebut positif Covid-19 atau negatif. Aplikasi PeduliLindungi juga menjadi syarat bagi masyarakat Indonesia untuk berkegiatan di luar rumah seperti pergi ke Mall atau bioskop selain penerapan protokol kesehatan.

 

Mendengar adanya kabar bioskop yang diperbolehkan beroperasi kembali, masyarakat pun menanggapi hal ini. Beragam respon diberikan oleh masyarakat baik respon yang merasa senang dengan kabar tersebut dan ada pula yang kurang setuju dengan dibukanya kembali bioskop karena masih dalam situasi pandemi seperti saat ini.

 

“Bagus bagus aja, sih bioskop dibuka lagi, tapi penerapan prokesnya harus ketat,” kata Liong Satria Akbar, salah satu warga Kota Tangerang dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (14/09).

 

Liong juga mengatakan bahwa dengan kembali dibukanya bioskop dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, di antaranya dengan dibukanya kembali bioskop berarti lapangan kerja telah kembali dibuka juga, lalu masyarakat juga mendapatkan hiburannya kembali melalui bioskop, dan dengan dibukanya bioskop menandakan bahwa pemerintah telah berhasil dalam menangani pandemi Covid-19 sehingga masyarakat memiliki harapan bahwa pandemi akan segera berakhir.

 

Lain halnya dengan Ardy Pratama yang juga merupakan warga Kota Tangerang, ia merasa tidak setuju dengan dibukanya kembali bioskop saat ini dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih urgent yang bahkan virusnya masih terus menerus bermutasi membentuk varian baru.

 

“Entah itu daerah yang memiliki tingkat resiko penularan Covid yang rendah atau tinggi, saya pribadi tidak setuju bioskop dibuka kembali. Ada solusi yang lebih baik kalau ingin menonton film, sekarang ini, kan udah banyak kok aplikasi buat nonton film” ujar Ardy Pratama dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (14/09).


Rep: Alfi Khaerotunnisa

Red: Mega

TerPopuler

close