Anggota Satgas Perbatasan Negara Ikut Nugal Padi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Anggota Satgas Perbatasan Negara Ikut Nugal Padi

, 9/22/2021 08:29:00 PM
Anggota Satgas Pam Tas RI-Malaysia Yonif/JY saat nugal bersama warga Dayak, Desa Langau, Puring Kencana, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Ahad (19/9/21).


Vnn.co.id, Putussibau - Kali ini, anggota Satgas Pam Tas RI-Malaysia Yonif 144/JY melakukan nugal padi bersama warga Dayak di Desa Langau, Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar. Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau, Ahad (19/09/2021).


Memasuki bulan September ini, warga Dayak Iban melakukan nugal padi di kebun yang sudah dibersihkan. Cara nugal ini ialah dengan menanam padi yang telah dilubangi tanah pada lokasi huma (ladang) dengan tongkat yang telah diruncingkan, lalu benih padi dimasukkan secukupnya. Seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas Pos Langau 1 membantu warga Dayak iban yang nugal padi tersebut.

 

Kegiatan ini sudah kebiasaan orang Dayak dan warga asli Kalimantan pada umumnya. Nugal Padi dengan cara gotong royong antarpetani yang berladang. Kegiatan nugal ini, memperlihatkan budaya dan semangat kerja sama antarpetani terlihat begitu erat dan kental. Sehingga hal ini dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan dan memelihara rasa kebersamaan dan kekeluargaan bersama anggota satgas. "Terutama dalam membantu mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat," ucap Dansatgas Pam Tas. 



Salah satu warga Dayak setempat, Bapak Ubay, merasa senang dan bangga karena anggota satgas bersedia datang untuk diundang nugal bersama di ladang. "Terimakasih banyak atas bantuan dari Bapak-Bapak Satgas. Selain mempercepat penanaman padi,  juga memberikan semangat yang luar biasa bagi warga kami," ujarnya. 


Serda Dedi Bustamil dan tiga rekannya dari Ssk II Pos Langau 1, saling bekerja sama dengan warga Dayak setempat dalam kegiatan nugal. Mulai dari menancapkan tongkat ke tanah sampai memasukkan benih padi ke dalam lobang tanah. 


"Harapan saya, semoga padi yang ditanam dapat panen padi yang berlimpah kelak," pungkasnya berharap. 


Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan anggota Satgas Pam Tas tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.


Rep: Muhammad Sandi/Hutabarat/Pen Yonif 144/JY

Red: Mega

TerPopuler

close