Dampingi Gubernur, Pangdam XII/TPR Hadiri Rakor DAD Provinsi Kalbar -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Dampingi Gubernur, Pangdam XII/TPR Hadiri Rakor DAD Provinsi Kalbar

, 1/29/2021 11:20:00 PM
Sumber : Pendam XII/Tpr


Vnn.co.id, Pontianak  - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menghadiri acara pembukaan Rapat Koordinasi II Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat di Ballroom Hotel Star Pontianak. Rapat koordinasi (Rakor) ini digelar untuk menghadapi tantangan yang dihadapi masyarakat adat. Rakor dibuka oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. Diikuti pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi dan perwakilan pengurus DAD Kabupaten dan Kota di Kalbar.

Rapat yang akan berlangsung selama dua hari ini mengambil tema, "Optimalisasi Fungsi Strategis Dewan Adat Dayak dalam Menjawab Tantangan dan Dinamika pada Masyarakat Adat Dayak di Kalbar". Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji dalam sambutannya mengajak kepada DAD Kalbar serta semuanya untuk bersinergi membangun Kalimantan Barat. "Saya bersyukur dan berbangga Pemerintah Provinsi dapat bersinergi dengan Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar, hasilnya luar biasa, dari 54 indikator, desa mandiri kita bisa wujudkan," kata Gubernur Kalbar ini.



Pada kesempatan itu pula, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan bahwa dalam suatu perjalanan adat dapatnya selalu mengakomodir hal-hal yang baik. Kebajikan-kebajikan yang baik agar dipegang teguh sehingga menjadi tradisi atau pewarisan nilai-nilai yang baik. "Sehingga kita mengharapkan adat ini menjadi suatu peradaban, dengan peradaban masyarakat dayak yang lebih baik ini tentunya menjadi kebanggaan masyarakat dari Kalimantan Barat," ujar Pangdam.

Selanjutnya Pangdam XII/Tpr mengharapkan DAD Kalbar sebagai kekuatan sosial, dalam aspek pertahanan bisa menjadi contoh dan leader yang baik untuk bisa mempersatukan komponen bangsa dalam menyikapi setiap persoalan yang ada. "Tentunya juga kita mengharapkan persoalan apapun yang terjadi bisa diselesaikan dalam bingkai NKRI. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat menghasilkan suatu produk strategis untuk DAD Kalbar," harap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.



Jurnalis : Hutabarat & Muhammad Sandi

Red : Anita

TerPopuler

close