Catat! Minyak Kayu Putih dan Uap Air Panas Bukan Pembunuh Virus Covid-19 -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Catat! Minyak Kayu Putih dan Uap Air Panas Bukan Pembunuh Virus Covid-19

, 1/27/2021 08:00:00 AM
Ilustrasi.


Vnn.co.id, Jakarta - 
Informasi yang saat ini sudah beredar luas di masyarakat kita adalah bahwa minyak kayu putih dan uap air panas mampu melawan virus Covid-19. Konon, untuk mendaparkan khasiatnya uap air panas dihirup dan zat aktif pada minyak atsiri dapat membunuh virus yang ada dalam hidung.

Kandidat PhD di Fakultas Kedokteran Universitas Kobe di Jepang dr. Adam Prabata menegaskan bahwa kedua informasi tersebut  adalah sangat keliru dan belum ada kajian ilmiahnya sama sekali. 

"Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua informasi tersebut tidak benar dan hoaks. Karena hal ini tidak ditunjang dengan penelitian." Hal ini disampaikan oleh dr. Adam pada sebuah diskusi virtual di Jakarta,  Minggu (24/01/2021).

Untuk kayu putih sendiri, penelitiannya masih dalam tahap komputer belum masuk dalam uji klomis pada manusia sehingga belum terbukti kebenarannya.

Dalam hal ini, Adam juga menjelaskan bahwa tahapan penelitian dibagi menjadi 3, dan yang terakhir dalah uji klinis pada manusia dan kesemua informasi tersebut masih dalam tahap awal dan masih cukup jauh untuk membuktikannya.

Penulis: Handayani

Editor: Mega

TerPopuler

close