Tinjau Danau Tunggilis, Achmad Fathoni: Kawal Prosesnya dan Kembangkan Potensi Wisatanya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Tinjau Danau Tunggilis, Achmad Fathoni: Kawal Prosesnya dan Kembangkan Potensi Wisatanya

, 12/21/2020 12:27:00 AM

Achmad Fathoni Beserta Rombongan Menyusuri Area Danau (foto : Ramdhan)
Vnn.co.id, Kabupaten Bogor - Anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Bogor, Achmad Fathoni, meninjau Danau Tunggilis yang berada di Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, pada Jum'at (18/12/20). 

Kunjungan anggota Komisi 3 itu untuk mengawal progres rencana pengelolaan kawasan wisata Danau Tunggilis Desa Situsari yang rencananya akan dikelola oleh Pemerintah Desa bersama masyarakat Desa Situsari.

Danau Tunggilis memiliki potensi yang cukup menjanjikan untuk dapat menarik wisatawan berkunjung menikmati suasana yang masih asri.

Achmad Fathoni menjelaskan, perlunya kerjasama antara Pemprov Jawa Barat, BBWS, dan Pemerintah Desa agar dapat mengelola Danau Tunggilis dengan baik dan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Situsari.

"Kita kawal prosesnya sampai ke Provinsi, dan diharapkan agar Pemerintah Desa melalui Bumdes dapat membantu mengelola dengan baik Danau Tunggilis ini. Sinergi antara masyarakat sekitar dan pengusaha harus terjalin untuk mengembangkan potensi wisatanya," kata Achmad Fathoni.

Hingga kini, Danau Tunggilis masih ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Ada yang sekedar memancing hingga berfoto sambil menikmati suasana yang sejuk dan asri.


Kepala Desa Situsari, Dahlan, Usai Bersama Rombongan Menyusuri Danau (foto : Ramdhan)

"Saat ini kita masih berusaha untuk memperoleh izin dari pihak yang berwenang. Kita bersama Bumdes dan masyarakat terus berusaha agar Desa Situsari ini menjadi Desa Wisata, insya allah akan terlaksana," papar Kepala Desa Situsari, Dahlan, saat dimintai keterangan vnn.co.id, Jum'at (18/12/20).

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di kawasan Danau Tunggilis, seperti memancing, berswafoto, naik perahu keliling danau, hingga menikmati jajanan disekitar danau. 

Ketua Bumdes Wijayakusuma Desa Situsari, Arif Suratman, menjelaskan bahwa apa yang sudah diperjuangkan hingga sampai saat ini tujuannya untuk memberdayakan masyarakat Desa Situsari dan memanfaatkan potensi wisata yang ada di Danau Tunggilis.

"Untuk pengelolaan Danau Tunggilis ini kita cenderung pada wisata air, yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terkait kebutuhan hidup masyarakat. Karena ini salah satu sumber daya alam yang kami anggap harus dikembangkan bersama masyarakat. Kami bersama masyarakat dan pihak terkait akan membantu pemerintah untuk mengembangkan potensi wisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Situsari," ujar Arif Suratman.


Red : Ramdhan

TerPopuler

close