Rela Mengabdi, Pasangan Dokter Ini Sengaja Memilih Daerah Terpencil -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Rela Mengabdi, Pasangan Dokter Ini Sengaja Memilih Daerah Terpencil

, 12/23/2020 11:05:00 AM

Pasangan dokter spesialis kandungan (Foto: beritajatim.com).

Vnn.co.id, Surabaya - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) kembali melantik 84 dokter spesialis pada Selasa (22/12/20).

Pelantikan itu dilaksanakan secara daring dan luring, yakni 44 lulusan secara daring dan 40 lulusan secara luring. Dipimpin oleh Dekan FK Unair Prof Dr Budi Santoso dr Sp OG (K), pelantikan itu pun digelar dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat guna menghindari cluster Covid-19.

Dalam acara pelantikan, Prof Budi berpesan agar para lulusan tidak berhenti belajar meski telah menjadi seorang spesialis. Justru selesai dilantik adalah awal baru.

Terlebih lagi, lanjutnya, agar dokter lulusan kita mampu bersaing dengan dokter asing yang akan segera hadir di Indonesia.

Prof Budi pun menekankan pentingnya para lulusan tersebar ke seluruh wilayah Indonesia, agar daerah-daerah dapat memiliki dokter spesialis. "Kita harus memacu semua lulusan untuk tersebar, agar daerah terpencil pun dapat tersentuh dokter spesialis. Untuk itu pemerintah daerah harusnya memberikan suatu hal yang sifatnya menarik agar menstimulus lulusan dokter spesialis untuk tinggal disana," ujar dokter spesialis kandungan tersebut.

Sementara, dr Sonny Fadli SP OG dan dr Zettira Maulida SP OG yang merupakan lulusan yang dilantik hari ini pun menyambut baik anjuran Prof Budi dengan menyatakan kesiapan mengabdikan diri di Kepulauan Anambas Riau.

Keduanya adalah pasangan suami istri yang sengaja memilih daerah Kepulauan Timur untuk mengabdi. Sebelumnya, dr Sonny menceritakan bahwa ia sempat mencari informasi tenaga dokter spesialis kandungan di Papua, namun penuh. Akhirnya ia dan istrinya pun mendapatkan kesempatan mengabdi di Kepulauan Anambas Riau.

“Sempat cari-cari ke Papua yang bisa 1 kabupaten 2 dokter spesialis ternyata di Papua sudah penuh. Saya cari-cari informasi ke Riau, ternyata ada. Ini bukan program dari Kemenkes, ini saya ikut langsung kontrak dengan pemerintah daerah setempat, Alhamdulillah bisa 1 kabupaten 2 dokter kandungan sekaligus,” ungkap dr Sonny.

dr Sonny dan dr Zettira tidak mengabdi di satu rumah yang sama, tetap berbeda kecamatan yang berjarak sekitar 30 km jauhnya. Meski demikian, pasangan dokter ini tetap ikhlas dan antusias mengabdikan diri di daerah.

"Memang sengaja cari di daerah, karena kami suka jalan-jalan dan menarik saja hidup di Kepulauan, yang penting bisa bersama-sama juga," ujar dr Zettira.

Sumber: beritajatim.com

Editor: Mega

TerPopuler

close