Destinasi di Kalimantan Ini Siap Menghipnotis -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Destinasi di Kalimantan Ini Siap Menghipnotis

, 12/24/2020 10:30:00 PM

Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur (Foto: indonesiatraveler.id).

Vnn.co.id, Kalimantan - Pesona Indonesia memang tak ada habisnya. Berbicara soal keindahan di Indonesia, vnn.co.id akan merangkum satu di antara kemolekan yang dimiliki Negeri Gemah Ripah Loh Jinawi ini. 

Kalimantan adalah salah satu pulau yang dilewati garis khatulistiwa dan memiliki daya tarik yang begitu eksotis serta wajib dinikmati keindahan alamnya. Selain kekayaan yang tersimpan pada alamnya, Pulau Seribu Sungai itu memiliki danau yang membuat siapa saja berdecak kagum saat memandangnya.

Danau Labuan Cermin, nama dari sebuah danau yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Diperlukan waktu sekitar 6 sampai 7 jam untuk mencapai tempat itu dari Ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur.

Demi mengobati dahaga mengunjungi destinasi ini, pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga dengan harga sewa Rp 200.000 per pulang-pergi, namun akan lebih murah jika datang bersama rombongan.

Foto: beborneotour.com

Tak usah merasa rugi, biaya tersebut tak ada apa-apanya dengan keunikan dan keindahan yang menghipnotis dan jarang ditemui di tempat lain. Oleh karena itu, tempat ini memiliki beberapa julukan, di antaranya "tanpa air", "dua rasa", dan "cermin".

Mengapa disebut tanpa air, sebab danau dengan air jernihnya ini bisa membuat dasar danau sedalam 4-5 meter terlihat dengan jelas saat matahari sedang bersinar terang. Perahu-perahu yang mengapung di atasnya akan terlihat seolah terbang di atas permukaan tanah, dan nampak seperti danau "tanpa air".

Keunikan lainnya, yaitu terbentuk dengan dua zat atau rasa yang berbeda. Air tawar dan air asin menyatu dalam satu tempat, hanya saja terbagi di bagian permukaannya merupakan air tawar dan dasarnya merupakan air asin. Di danau ini pula dua jenis ikan hidup di tempatnya masing-masing, yaitu ikan air tawar di permukaan dan ikan air asin di dasarnya.

Benar-benar surga dunia. Satu lagi keunikan dari air asin yang dimiliki, ialah cahaya matahari yang bersinar terang 'kan masuk hingga ke dasar danau dan memberi efek berkilau karena pantulan dari permukaan air asin di dasar danau. Sebab itulah danau ini dinamakan Danau Labuan Cermin.

Pemandangan yang tak kalah menarik adalah keadaan sekitar yang dikelilingi pepohonan. Bagaimana tidak? Danau ini terletak di tengah hutan hujan tropis, sehingga airnya cenderung berwarna tosca berkat paduan sinar matahari dengan kehijauan pepohonan yang mengelilinginya.

Tak hanya berdiri, memandang, dan memandang, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas, seperti berenang, snorkeling, and diving. Tak perlu khawatir, perlengkapan buat bermain-main dan bersenang ria sedemikian rupa telah disediakan di dermaga tempat penyeberangan dengan toko-toko penyewaan alat-alat perlengkapan snorkeling.

Bagi yang ingin menginap, tempat penginapan pun menjadi pelengkap dengan biaya yang beragam di sekitar Biduk-biduk, yaitu mulai dari seratus ribuan hingga tiga ratus ribu rupiah.

Bagaimana Backpacker? Sudah siap terhipnotis atau masih saja menolak dengan paket keindahan serta kenyamanan yang tersedia?

Red: Mega

TerPopuler

close