Kamu Jomblo, Butuh Penghangat? -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Kamu Jomblo, Butuh Penghangat?

, 12/29/2020 09:24:00 PM

Sumber: istimewa

Vnn.co.id, Yogykarta–Menghadapi musim hujan di penguhujung tahun menjelang tahun yang baru seperti sekarang ini, suhu udara semakin hari semakin terasa dingin saja, sama seperti sifat si dia. Ditambah lagi jika disertai angin kencang atau bagi kalian yang tinggal di pegunungan hal ini hanya akan menambah derajat penurunan suhu. 

Suhu dingin dapat membuat kekebalan tubuh kita menurun sehingga rentan terserang flu, demam, batuk, pilek, dan masuk angin. Oleh karena itu, menjaga badan tetap hangat penting untuk daya tahan tubuh sehingga kita tidak gampang sakit. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi minuman hangat. Indonesia memiliki beragam minuman tradisional alami yang bisa menghangatkan tubuh. Karena terbuat dari bahan alami, minuman ini tidak berfungsi sebagai penghangat saja, lho, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain. 

Berikut beberapa minuman penghangat tradisional Indonesia yang bisa menemanimu di penghujung tahun. 

1. Wedang Ronde Minuman yang satu ini menjadi favorit banyak orang di musim hujan karena rasanya yang enak dan dapat memberi sensasi hangat di tubuh ketika diminum. Wedang ronde merupakan bola-bola sagu berisi kacang yang disiram dengan air jahe panas dan gula. Minum air jahe memang merupakan cara yang ampuh untuk memberi kehangatan pada tubuh. Namun selain itu, jahe yang banyak mengandung vitamin C dan magnesium juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. 

2. Wedang Uwuh Minuman hangat lainnya yang juga cocok dikonsumsi saat musim hujan adalah wedang uwuh. Minuman yang berasal dari Yogyakarta ini memiliki ciri khas, yaitu warna airnya yang kemerahan yang didapat dari kayu secang. Nah, salah satu manfaat kayu secang menurut beberapa penelitian adalah meningkatkan kerja sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri. Dengan meminum wedang uwuh, kita bisa terhindar dari diare, tifus, dan gangguan pencernaan lainnya yang disebabkan oleh bakteri yang biasanya muncul di musim hujan. 

3. Bir Pletok Bir pletok merupakan minuman tradisional khas Betawi. Meski namanya bir, tapi minuman ini enggak bikin mabuk, lho, karena tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir pletok terbuat dari berbagai bahan alami, seperti jahe, cengkeh, biji pala, lada, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gula manis. Dengan bahan-bahan tersebut, tidak heran bila bir pletok efektif membuat tubuh hangat seketika. Selain itu, cengkeh yang terkandung dalam bir pletok juga punya banyak manfaat baik untuk tubuh, lho. Cengkeh kaya akan antioksidan eugenol yang bermanfaat melawan radikal bebas dalam tubuh yang merupakan pemicu tumbuhnya sel kanker. Cengkeh juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan infeksi dan membunuh bakteri E.coli yang menjadi penyebab diare (jika berasal dari luar tubuh) 

4. Bir Kotjok Sama seperti bir pletok, bir kotjok juga bir yang tidak mengandung alkohol. Bir khas kota Bogor ini juga menyehatkan karena terbuat dari jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan gula merah. Tahukah kamu, jahe merah tidak kalah berkhasiatnya dari jahe kuning, lho. Manfaat jahe merah antara lain mencegah masalah pencernaan, membantu mengatasi radang otot, dan sebagai agen anti peradangan. 

5. Bandrek.  Bandrek bisa dibilang juga “wedang jahenya” orang Sunda. Terbuat dari jahe dan gula merah, serta tambahan rempah lainnya, seperti serai, merica, pandan, dan telur ayam kampung, dijamin tubuh akan langsung terasa hangat begitu kamu meminum bandrek. 

6. Bajigur Minuman hangat berwarna cokelat ini sangat nikmat dikonsumsi saat musim hujan. Berbahan dasar jahe dengan tambahan gula aren, santan, garam, daun pandan, dan bubuk vanili, membuat rasa bajigur semakin mantap. Itulah beberapa minuman yang dapat dijadikan teman penghangat di penghujung tahun. Semoga bermanfaat dan jangan lupa jaga kesehatan. 

Source : halodoc.com 

Penulis : Restu

Editor : Kana

TerPopuler

close