Ponpes Modern Nurul Huda Bekasi Menjadi Tempat Balai Pelatihan Kerja -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ponpes Modern Nurul Huda Bekasi Menjadi Tempat Balai Pelatihan Kerja

, 11/20/2020 04:03:00 PM


 Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi  -  Pondok Pesantren Modern Nurul Huda (PPMNH) yang berada di Jl. Setu Cisaat Kp. Sawah Ds. Cakarageman, Kec. Setu, Kab. Bekasi 17320 menjadi salah satu Balai Pelatihan Kerja (BLK). Lembaga yang sudah berdiri sejak tahun 2019 ini telah mengadakan pelatihan sebanyak 3 angkatan. Angkatan pertama berfokus pada pelatihan komputer dasar,  sedangkan angkatan kedua dan ketiga berfokus pada desain grafis muda. Hingga saat ini tercatat ada 16 orang yang menjadi peserta BLK PPMNH. 


Adapun kriteria peserta BLK PPMNH saat ini yaitu bukan berstatus pelajar dan minimal berijazah SD. Namun, pihak BLK menambahkan bahwa ada rencana untuk menerima peserta yang tidak mempunyai ijazah tapi dengan catatan bisa baca tulis dan mengetahui sedikit tentang komputer. 


"Akan ada rencana kedepannya untuk menerima peserta yang tidak mempunyai ijazah tapi dengan catatan bisa baca tulis dan mengetahui seperti apa komputer tersebut. Akan secepatnya kami koordinasikan dengan kementerian ketenagakerjaan," ujar Erna Tikasari, S. Pd. selaku Kepala BLK PPMNH


Lulusan dari BLK PPMNH ini akan mendapatkan 2 sertifikat, dimana sertifikat pertama untuk peserta pelatihan dari BLK komunitas PPMNH dan sertifikat kedua sebagai standar kompetensi yang akan diuji oleh tim dari BNSP.


"Wilayah di komunitas itu sendiri, instruktur akan mengadakan evaluasi diakhir untuk peserta mendapatkan sertifikat pelatihan dari BLK komunitas PPMNH ini  dan untuk kompeten atau tidaknya maka yang menguji adalah team dari BNSP," lanjut Kepala BLK PPMNH. 


Dengan adanya BLK PPMNH Erna berharap, dapat membantu meningkatkan skill masyarakat sekitar, yang nantinya akan mereka terapkan dalam dunia kerja. Baik menjadi buruh, karyawan, ataupun wiraswata. 


"Harapannya BLK tetap berlanjut, agar dapat membantu meningkatkan skill dan mereka bisa bekerja ataupun mempunyai usaha sendiri bahkan bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri," ujar Erna Tikasari, S. Pd. Selaku Kepala BLK PPMNH


Yahya Haryadi, alumni BLK PPMNH mengatakan bahwa, "Program BLK ini sangat penting, seperti hadist yang mengatakan bahwasanya utlubul ilma minal Mahdi Ilal lahdi, tuntutlah ilmu sejak dini hingga mati, mulai dari ayunan sampai Pasungan. Pada hadist lain disebutkan bahwa barang siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan sangat penting juga kita upgrade pengetahuan agar tak terlindas oleh zaman."


Barin, alumni BLK PPMNH juga mengatakan, "Jangan pernah sia-siakan kesempatan ini, karena waktu yang ditentukan hanyalah 1 bulan, itu waktu yang menurut saya sangat lah terbatas dan singkat dalam pembelajaran design grafis ini."

Jurnalis : Suci

Editor : Anita 

TerPopuler

close