Karismatik Habib Luthfi bin Yahya, Ulama yang Undur Maulid Akbar dan Dicintai Berbagai Kalangan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Karismatik Habib Luthfi bin Yahya, Ulama yang Undur Maulid Akbar dan Dicintai Berbagai Kalangan

, 11/18/2020 08:05:00 PM

Habib Luthfi bin Yahya (foto : biografiku.com)


Vnn.co.id, Pekalongan - Acara Maulid Akbar Kanzus Sholawat 1442 Hijriyah/2020 Masehi di Pekalongan akhirnya diundur. Informasi terkait diundurnya kegiatan itu disampaikan langsung oleh Habib Luthfi bin Yahya.

Alasan penundaan Maulid Akbar Kanzus Sholawat itu bukan tanpa sebab, Habib Luthfi tak ingin memberi contoh yang buruk kepada masyarakat luas. Ia pun tidak merinci sampai kapan penundaan kegiatan tersebut.

"Maulid di Kanzus Sholawat diundur, sampai pemberitahuan lebih lanjut. Saya atas nama pribadi, dengan penuh pertimbangan, tidak ada tekanan dari pihak manapun, mohon maaf yang sebesar-besarnya" kata Habib Luthfi, Selasa (17/11/20).

Bahkan, keputusan itu mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. "Habib Luthfi sudah menelepon langsung, katanya ndherek (ikut) Pak Ganjar, tinggal diatur. Ini akan jadi contoh yang baik," ungkap Ganjar saat memberikan keterangan di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (18/11/20).

Sebelumnya, Habib Luthfi bin Yahya akan menggelar Maulid Akbar 1442 H pada 18-22 November di Kanzus Sholawat miliknya di Pekalongan.

Siapa sangka, belakangan ini nama Habib Luthfi ramai diperbincangkan di media sosial lantaran disebut-sebut mendapat perlakuan istimewa dibanding kegiatan Habib Rizieq Shihab.

Mungkin sudah banyak kalangan masyarakat yang mengenal ulama karismatik ini, namun seperti apa profil seorang Habib Luthfi seperti dilansir buku Membela Islam Dengan Cinta oleh Ardiyansyah :

1. Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

Habib Luthfi termasuk dalam tokoh muslim yang berpengaruh di dunia, bahkan beliau masuk ke urutan 37 daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia berdasarkan Pusat Studi Strategis Islami Kerajaan Yordania edisi Oktober 2018.

2. Pemimpin Jatman

Habib Luthfi merupakan pemimpin (Rais 'Aam) Jam'iyyah ahl ath-Thariqah an-Nahdiyyah (Jatman).

Jatman merupakan organisasi yang berada dibawah naungan NU. Organisasi ini mewadahi tarekat - tarekat yang banyak dianut di dunia. Beliau mendakwahkan nasionalisme melalui tarekat.

3. Anggota Dewan Pertimbangan MUI Jateng

Lahir dan besar di Kota Batik, Pekalongan, pada 10 November 1947. Beliau tercatat sebagai anggota dewan pertimbangan MUI Jateng periode 2016-2021.

4. Nasionalisme

Soal nasionalisme, tidak perlu diragukan lagi. Habib Luthfi. Dalam setiap ceramahnya, Habib Luthfi selalu menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Hal ini yang membuat Habib Luthfi banyak dicintai oleh banyak kalangan.

5. Wantimpres

Habib Luthfi juga tercatat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Beliau menjabat sejak 13 Desember 2016 hingga 2021.

6. Dekat Dengan Presiden dan Tokoh Negara

Habib Luthfi memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi, bahkan jauh sebelum Jokowi menjadi Presiden. Yaitu saat Jokowi menjadi Walikota Solo.

Bahkan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun pernah menerima undangan Habin Luthfi untuk menghadiri Maulid Nabi Muhammad di gedung Kanzas Sholawat pada 2014 lalu.

Selain itu, Habib Luthfi juga dekat dengan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.


Source : detikcom

Red : Ramdhan

TerPopuler

close