Heboh! Akun Resmi Paus Fransiskus Memberi "Like" pada Postingan Model Brasil -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Heboh! Akun Resmi Paus Fransiskus Memberi "Like" pada Postingan Model Brasil

, 11/21/2020 12:21:00 PM

Paus Fransiskus, Vatikan.

Vnn.co.id, Vatikan - Akun resmi Paus Fransiskus di Instagram memberi tanggapan "like" pada foto vulgar milik model Brasil Natalia Garibotto.

Tanda suka dari akun resmi Paus, @fransiscus, terlihat pada postingan Natalia yang menampilkan dirinya dalam balutan pakaian minim ala seragam sekolah.

Natalia membubuhkan emoji tanduk setan sebagai keterangan fotonya itu.

Menanggapi hal tersebut, Vatikan meminta Instagram untuk menyelidiki kejadian tersebut. Mereka ingin mencari tahu kapan 'like' diberikan untuk menelusuri apakah hal tersebut adalah ketidaksengajaan atau ada pihak lain yang menyalahgunakan akun resmi Paus Fransiskus. Adapun kejadian ini diketahui pihak Vatikan pada 13 November lalu.

"Saya bisa mengajari anda satu atau dua hal," tulis Natalia dalam keterangan di unggahannya.

Pada 14 November, sehari setelah Catholic News Agency (CNA) melaporkan skandal tersebut dan meminta komentar dari Takhta Suci, konten itu telah dihapus. Tidak jelas kapan akun Paus menyukai foto tersebut.

Pada Selasa (17/11), CNA melaporkan bahwa saat ini penyelidikan sedang berlangsung di Vatikan untuk menentukan bagaimana insiden itu terjadi.

Meskipun terdapat tim staf yang mengelola media sosial milik Paus, tapi perwakilan dari Takhta Suci mengatakan kepada The Guardian bahwa pihaknya mengonfirmasi tidak ada karyawan yang menyukai foto vulgar itu.

Pihaknya juga telah menghubungi Instagram "untuk mendapatkan penjelasan". Perwakilan dari Instagram pun tidak segera menanggapi komentar dari USA Today.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Instagram untuk mencari tahu apa yang terjadi," ujar juru bicara Vatikan Matteo Bruni, Jumat, 20 November 2020.

Akun Instagram Paus Fransiskus diketahui memiliki 7,4 juta follower, namun dengan 0 following. Dengan kata lain, foto Natalia Garibotto kemungkinan dicari langsung oleh mereka yang memegang akun Paus Fransiskus saat itu. Sejauh ini, Paus Fransiskus diketahui tidak memegang langsung akun Instagram-nya.

Agensi yang menjadi manajer dari Garibotto, COY Co, memanfaatkan peristiwa ini untuk mendapatkan publisitas. Mereka mengunggah ulang foto Natalie dan kemudian melengkapinya dengan caption bahwa mereka sudah mendapat berkat dari Paus Fransiskus.

"COY Co. sudah mendapat berkat resmi dari Paus Fransiskus. Terima kasih kepada Ratu Ikonik kami, Natalia Garibotto," ujar caption COY Co.

Sementara itu, di Twitter, setelah insiden itu viral, sang model pun bergurau lewat cuitannya.

"Setidaknya saya akan masuk surga," cuitnya.

Red

TerPopuler

close