Gempa Bumi Mengguncang Sumatra Barat Dua Hari Berturut-turut -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Gempa Bumi Mengguncang Sumatra Barat Dua Hari Berturut-turut

, 11/19/2020 02:23:00 PM

Media twitter BMKG yang menginformasikan grafik gempa.


Vnn.co.id, Sumatra Barat – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Twitter mengungkapkan, terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 5.3 di wilayah Samudra Hindia Pantai Barat Sumatera dan mengguncang beberapa wilayah di Sumatera Barat pada 18 November 2020 pukul 11.41 WIB.

Berdasarkan informasi resmi dari BMKG, pusat gempa terjadi di koordinat 1,81 LS dan 100,34 BT. Wilayah yang merasakan guncangan, yaitu Painan, Tua Pejat, Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman, Solok Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, dan Sijunjung. Namun, gempa ini tidak menimbulkan tsunami.

Sehari sebelumnya (17/11/2020), Sumatra Barat juga diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 6.0 di wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, sekitar pukul 08.44 WIB

Kepala BMKG Daryono mengungkapkan, pusat gempa tersebut terjadi di lautan dengan koordinat 2,90 LS dan 99,07 BT, tepatnya di kedalaman 13 Km.

Dikutip dari tirto.id, Daryono mengatakan dengan memperhatikan episenter dan kedalaman pusat gempa, gempa tersebut termasuk dalam gempa dangkal dan tidak menimbulkan potensi tsunami. Menurut Beliau, gempa ini disebabkan karena adanya aktivitas penyesaran di lokasi yang dekat dengan daerah tumbukan lempeng.

Beberapa wilayah yang merasakan guncangan gempa tersebut, yakni Kota Padang, Painan, Sipora. Solok, Padang Panjang, Bukit Tinggi, Pariaman, Kepahiang, Pasaman, Kerinci, Payakumbuh, dan Solok Selatan.

Sampai saat ini, BMKG belum mendapat laporan kerusakan akibat  kedua gempa tersebut.

Penulis: Party Happy Septiani

Editor : Mega

TerPopuler

close