BikeSphere, Sepeda dengan Sistem Pencahayaan Laser -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

BikeSphere, Sepeda dengan Sistem Pencahayaan Laser

, 11/29/2020 01:19:00 PM

BikeSpehere garapan Michelin.


Vnn.co.id, Internasional - Kabar gembira datang dari Michelin buat para pesepeda, saat ini telah dibuat sistem pencahayaan menggunakan laser pada sepeda pintar yang memungkinkan pengendara sepeda lebih terlihat saat melintas di jalanan yang gelap.

Salah satu bahaya terbesar yang dihadapi pengendara sepeda di malam hari, adalah ketika jarak pandang yang buruk dapat menyulitkan pengendara lain melihat mereka, yang mengakibatkan ratusan kecelakaan terjadi setiap tahun, dengan pengendara yang seringkali berakhir dengan cedera parah atau bahkan tewas.

Oleh karena itu, proyek baru garapan Michelin bernama BikeSphere memberikan solusi dengan sistem pencahayaan pintar yang dibuat khusus untuk menjaga pengendara sepeda tetap aman di jalan.

Prototipe untuk BikeSphere dilaporkan telah aktif dan sudah mulai dibuat. Para perancang berencana untuk segera merilis skema dan daftar suku cadangnya, termasuk petunjuk tentang cara mencetak 3D beberapa komponen. Idenya adalah membuat sistem lampu pintar sepeda ini terbuka untuk orang lain yang ingin membangun versinya sendiri, dan memberikan masukan tentang cara memperbaiki desain awal.

Para perancang BikeSphere memulai dengan premis sederhana -bagaimana mereka dapat membuat pengendara sepeda lebih aman saat berkendara dalam kondisi kurang cahaya. Mereka datang dengan ide untuk membuat sistem pencahayaan yang menggunakan lampu sepeda tradisional namun komponen berteknologi tinggi untuk memberikan fungsionalitas yang belum pernah ada sebelumnya.

Selain memiliki lampu depan dan lampu belakang standar, sistem BikeSphere dipersenjatai dengan beberapa sensor yang juga memberikan serangkaian fitur "pintar". Misalnya, perangkat tersebut menyertakan sensor cahaya yang secara otomatis akan menghidupkan sistem saat lingkungan di sekitar pengendara semakin gelap. Saat diaktifkan, lingkaran merah cerah mengelilingi sepeda, yang meningkatkan visibilitas secara dramatis.

BikeSphere juga dilengkapi dengan sensor jarak yang dapat mendeteksi kendaraan yang mendekat. Jika mobil terlalu dekat, sistem akan mengaktifkan lampu sorot yang dibuat oleh dua laser yang berputar cepat di sekitar sepeda, memberi tahu pengendara bahwa kendaraan semakin dekat, sambil menambahkan isyarat visual tambahan untuk pengemudi yang tiga kali lebih terang dari pada pengaturan standar.

BikeSphere adalah konsep sederhana yang dikembangkan sebagai bagian dari inisiatif #TrendyDrivers Michelin, yang bertujuan membantu pengemudi yang lebih mudah menjadi lebih aman dan lebih sadar saat berada di balik kemudi.

Sumber: Blackxperience.com

Editor: Mega

TerPopuler

close