Baru Rilis, Penjualan Playstation 5 Berhasil Mengalahkan Xbox -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Baru Rilis, Penjualan Playstation 5 Berhasil Mengalahkan Xbox

, 11/23/2020 01:01:00 PM
 

Playstation dan Xbox (foto : istimewa)

Vnn.co.id, Jakarta - Bukan rahasia lagi bahwa PlayStation (PS) 4 merajai konsol di generasi sebelumnya, dengan Xbox One yang menempel. Microsoft sendiri memang kesulitan menyaingi penjualan konsol besutan Sony di generasi sebelumnya.
Namun, Microsoft memberi perlawanan dengan peluncuran Xbox Game Pass, sebuah layanan gim berbasis langganan yang diterima dengan hangat oleh gamer di Xbox One dan PC.

Xbox Game Pass digadang-gadang akan menjadi fokus utama Microsoft. Sony sendiri telah lama menawarkan PlayStation Now sebagai pesaing sepadan untuk Xbox Game Pass. Namun, Sony sekarang tampaknya telah merubah misi mereka itu.

"Sebenarnya ada berita yang akan datang, tapi tidak hari ini. Kami memiliki PlayStation Now yang merupakan layanan langganan kami, dan tersedia di sejumlah pasar," jawabnya, dikutip dari Slash Gear, Minggu (22/11).

Jadi, tampaknya Sony mengisyaratkan ingin melawan Game Pass dengan satu atau lain cara. Meskipun Xbox Game Pass dan PlayStation Now adalah layanan serupa karena keduanya mengizinkan akses ke perpustakaan gim dengan biaya langganan bulanan, keduanya tidak sepenuhnya sama.

"Jelas, perbedaan terbesar adalah kenyataan bahwa di Xbox Game Pass, gamer perlu mengunduh gim Xbox dan PC yang ingin dimainkan, sementara PlayStation Now lebih fokus pada streaming gim," seperti dilansir Bloomberg, Senin (22/11/2020).

Berdasarkan estimasi situs game Jepang, Famitsu, Sony berhasil menjual 118.085 unit PS5 selama periode 12-15 November. Jumlah ini merupakan kombinasi dari penjualan PS5 edisi standar dan edisi digital. Sementara itu, Microsoft berhasil menjual 20.534 unit Xbox Series X dan Series S selama periode 10-12 November. Jadi penjualan PS5 di Jepang mengalahkan Xbox Series X dengan perbandingan 5:1.

Angka ini tidak begitu mengejutkan mengingat Jepang merupakan salah satu pasar terbesar Sony. Sementara itu angka penjualan Nintendo Switch dan Switch Lite tidak kalah saing dengan konsol yang lebih besar yaitu 116.267 unit pada periode 9-15 November. Minimnya stok PS5 dan Xbox Series X juga dikarenakan Sony dan Microsoft meluncurkan konsol ini di lebih banyak negara pada waktu bersamaan. 

Tahun ini Sony meluncurkan PS5 di 65 negara dan Microsoft merilis Xbox Series X di 37 negara. Sony dan Microsoft sama-sama mengatakan mereka bekerja keras untuk meningkatkan produksi konsol terbarunya. Tapi peritel di Jepang mengatakan mereka belum mendapat kejelasan kapan bisa kembali menyetok dua produk yang banyak diincar ini.


Source : bloomberg.com

Rep : Ramadhan Hendro
Red : Ramdhan

TerPopuler

close