Banyak Kritikan Soal Pencopotan Baliho Rizieq Shihab, Ini Tanggapan Pangdam Jaya -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Banyak Kritikan Soal Pencopotan Baliho Rizieq Shihab, Ini Tanggapan Pangdam Jaya

, 11/23/2020 12:31:00 PM

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurrahman


Vnn.co.id, Jakarta - Panglima Kodam atau Pangdam Jaya Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Dudung Abdurrahman dengan lantang mengaku memerintahkan pencopotan baliho Rizieq Shihab di Jakarta. Langkah itu menuai pro dan kontra.

Dia menjelaskan pencopotan dilakukan melibatkan pihak kepolisian maupun Satpol PP daerah setempat.

"Itu kan pencopotan (baliho Habib Rizieq) sudah dua bulan lalu, dilakukan melibatkan Polisi dan Satpol PP," jelas Dudung saat dikonfirmasi dilansir dari Merdeka.com pada Minggu (22/11/2020).

Namun demikian, ia menjelaskan keputusan mengerahkan prajurit TNI menurunkan baliho karena saat itu sempat terjadi aksi protes dari pihak FPI yang tak terima baliho-baliho yang telah terpasang tersebut diturunkan oleh Polisi maupun Satpol PP.

"Kemudian sudah dilepas, dicopoti. Tetapi didemolah sama anggota FPI. Nah Satpol PP (yang mencopot) ketakutan Satpol PP itu. Padahal, sebelumnya sudah dapat 338 (baliho atau spanduk yang di turunkan sebelumnya)," terangnya.

"Jadi sudah dilakukan sesuai prosedur, tetapi memang yang disorot itu saat pencopotan oleh TNI doang. Padahal kan kita punya satgas-Satgas PDPK (Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan)," sambungnya.

Terlebih, lanjut Dudung, sejumlah spanduk maupun baliho Habib Rizieq yang dipasang oleh FPI, diketahui tidaklah berizin dan terkesan menggunakan kalimat tulisan bernuansa provokasi itu yang akan diturunkan oleh pihaknya.

"Kalau kayak gitu masa kita mau diam saja, sekarang tidak ada izin segala macam, tapi bahasa-bahasanya memprovokasi, maka kita ambil tindakan," ujarnya.

Diketahui, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman telah memberikan perintah pencopotan baliho Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Perintah tersebut diturunkan lantaran baliho yang terpasang di beberapa titik Ibu Kota Jakarta menyalahi aturan.

Hal itu menyusul viralnya sebuah video sekitar 11 detik di media sosial yang menampilkan sejumlah orang berpakaian loreng dengan sigap menurunkan baliho yang tergambar Habib Rizieq.

"Ada berbaju loreng menurunkan baliho habib rizieq itu perintah saya," tegas Dudung saat apel pasukan di Monas, Jakarta, Jumat (20/11/2020).



Rep : Ahim
Red : Ramdhan

TerPopuler

close