Warga Beri Hadiah Kepada Anggota Satgas TMMD Hasil Kerajinan Tangan, Warisan Budaya Bernilai Ekonomis -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Warga Beri Hadiah Kepada Anggota Satgas TMMD Hasil Kerajinan Tangan, Warisan Budaya Bernilai Ekonomis

, 10/12/2020 04:45:00 PM
Warga Memberikan Tikar Kepada Anggota Satgas TMMD Sebagai kenang kenangan



Vnn.co.id, Sintang - Anggota satgas TMMD 109 Kodim 1205/Sintang mendapatkan hadiah dari warga pada Minggu (11/10/2020). Hadiah yg diberikan warga kepada Serda Yudho adalah berupa tikar hasil kerajinan tangan yg dibuat dari rotan oleh Bu Inah.

Hadiah tersebut diberikan oleh warga Desa Tirta Karya sebagai imbalan berkat seringnya anggota satgas TMMD berkunjung atau sekedar bercanda gurau bersama warga setempat. Warga memberikan buah tangan bermacam macam bentuk dan rupa sebagai ungkapan terima kasih mereka.

"Tidak penting seberapa harga dan apa yang diberikan warga kepada kami, yang terpenting adalah keikhlasan hati mereka karena ini adalah hasil dari kedekatan kami kepada warga, dan saya mengucapkan terima kasih atas hadiah yang diberikan kepada saya," ungkap Serda Yudho.



Anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 109 Kodim 1205 Sintang Serda yudho ini mengagumi dan mengapresiasi produk kerajinan tangan karya warga Desa Tirta Karya Kecamatan Ketungau Tengah. 

Disela-sela meningkatkan komunikasi sosial dengan masyarakat, pria ramah ini dihadiahi anyaman tikar yang merupakan salah satu produk kerajinan tangan warga di lokasi TMMD. "Warga disini mendapatkan bahan dari alam lingkungan sekitar untuk membuat produk kerajinan tangan. Disela-sela berbincang-bincang saya tadi dihadiahi sebuah tikar. Produk ini sangat bagus, anyamannya rapi. Masyarakat sangat telaten membuat produk kerajinan tangan," ujarnya. 

Karya kerajinan tangan seperti tikar yang dibuat oleh warga Desa Tirta Karya kata Serda yudho sebagian besar masih dimanfaatkan oleh warga sekitar desa saja. Belum banyak warga yang memproduksi produk kerajinan tangan untuk dijual. 

"mereka membuatnya untuk pemakaian pribadi dan warga sekitar saja. Mereka melakukannya sebagai upaya pelestarian budaya di desa setempat. Membuat kerajinan tangan sudah ada sejak lama dan merupakan warisan budaya. Disamping itu masyarakat menganyam pada saat waktu luang," terangnya. 



Selain tikar, warga juga banyak membuat kerajinan tangan lainnya seperti bakul (alat tradisional untuk menapis dan membersihkan beras), capan (alat tradisional untuk membersihkan beras), dan takin (alat tradisional untuk membawa hasil pertanian). Ia berpendapat bahwa produk kerajinan tangan dapat menjadi potensi yang bernilai ekonomis untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. 

Terlebih saat ini sudah ada akses jalan yang dibagun TNI melalui kegiatan TMMD Reg 109. "kita bangun jalan melalui TMMD tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Artinya dengan terbukanya jalur transportasi darat akan berdampak positif bagi aktivitas perekonomian masyarakat setempat," pungkasnya.


Sumber : Pendim 1205/Stg

Jurnalis : Muhammad Sandi
Red :RMD

TerPopuler

close