Wamendes: Program Transmigrasi Masih Terkendala SHM -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Wamendes: Program Transmigrasi Masih Terkendala SHM

, 10/15/2020 08:02:00 PM


Vnn.co.id, Makassar - Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi menyampaikan, program Transmigrasi tidak hanya sejahterakan Transmigran tapi juga untuk penduduk di sekitar Lokasi dan utamanya dalam pemerataan pembangunan nasional.


Program transmigrasi telah berhasil membentuk dua Provinsi baru, 104 Kabupaten dan 386 kecamatan serta 1.336 desa definitif.


Namun, dalam perjalanannya masih banyak ditemukan masalah dan kendala yang harus diselesaikan. Adakalanya terjadi ketimpangan yang menjadi beban tersendiri untuk diselesaikan.


"Salah satu permasalahannya adalah tanah atau lahan pemukiman di lokasi transmigrasi," kata Wamendes Budi.


Eks pemukiman transmigrasi yang menjadi bagian desa definitif banyak meninggalkan persoalan di sektor agraria seperti belum terbitnya sertifikat hak milik (SHM), sengketa dengan masyarakat lokal, sengketa dengan perusahaan, tumpang tindih lahan dengan kawasan hutan, masalah tapal batas atau hak ulayat dan sebagainya.


Disampaikan Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi saat menutup Rapat Koordinasi Penyelesaian Permasalahan Pertahanan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar, Kamis (15/10/2020).


Wamendes Budi Arie Setiadi berharap hasil rapat koordinasi ini menghasilkan aksi nyata untuk mengeksekusi penyelesaian permasalahan pertanahan yang dihadapi masyarakat transmigran.


Turut hadir dalam Rapat, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra, Dirjen PKTran Kemendes M Nurdin dan Dirjen PKP2Trans Hari Pramudiono.


Red : Anita 

TerPopuler

close