Kini Pukul :

Blokir STNK Siap Diberlakukan, Kompol Martinus : Sudah Masuk Tahap Sosialisasi

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), (foto:seva.id)


Vnn.co.id, Jakarta - Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Martinus Aditya mengatakan penerapan aturan penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang mati pajak dua tahun atau lebih segera diterapkan.

Aturan yang sudah disahkan sejak tahun 2012 lalu itu memasuki tahap sosialisasi kepada masyarakat. Dengan adanya pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) otomatis registrasi dan identifikasi kendaraan yang nunggak pajak dua tahun atau diatasnya tidak lagi terdaftar.

Martinus juga menyampaikan bahwa pelaksanaannya masih menunggu petunjuk dari Korlantas. "Ini masuk tahap sosialisasi kepada masyarakat, tapi kalau untuk pelaksanaannya masih menunggu juklak dan juknisnya," ujarnya pada awak media, Senin (26/10/20).

Sebelumnya, aturan mengenai pemblokiran STNK sudah tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident Ranmor).

"Dalam pasal 1 ayat 17 dijelaskan bahwa penghapusan Regident Ranmor adalah bentuk sanksi administratif bagi pemilik ranmor yang tidak melakukan registrasi ulang atau memperpanjang masa berlaku STNK sekurang-kurangnya 2 tahun sejak masa berlaku STNK habis berdasarkan data Regident Ranmor pada Polri," ungkap Martinus.


Source : kompas.com

Red : RMD