Kini Pukul :

Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 725/WRG Buat Noken Bersama Masyarakat

Satgas Yonif 725/WRG Sedang Membuat Noken Bersama Masyarakat 
Vnn.co.id, Papau - Wilayah Papua merupakan wilayah ujung timur Indonesia yang penuh dengan tradisi yang unik dan penuh keistimewaan, baik itu dari tarian, alat musik, sampai dengan cindera mata yang diperjual belikan sebagai oleh-oleh, tak heran wilayah Papua disebut sebagai "Surga Kecil Jatuh Ke Bumi".

Sebagi salah satu contoh seperti yang dilakukan oleh anggota Pos Oksibil Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi pimpinan Kapten Inf Imam Mutaqin., S.S.T.Han., S.Ip., sembari menjalin silaturahmi juga ikut mempelajari cara membuat Tas Noken/Tas Rajut yang merupakan ciri khas masyarakat Papua di kediaman Tokoh Masyarakat Ibu Carolina Kasipmabin Kampung Kutdol, Distrik Oksibil, Kab. Pegunungan Bintang. Jumat, (7/6).

Tokoh Masyarakat Ibu Carolina Kasipmabin sangat merespon baik dan mengapresiasi atas apa yang dilakukan anggota Satgas Yonif 725/Woroagi. "Apa yang dilakukan oleh Bapak-bapak TNI dari Pos Oksibil ini sangat baik sekali, karena kami melihat Bapak-bapak TNI ini sangat antusias sekali belajar membuat Tas Noken, sehingga kami juga senang bisa mengajari Bapak-bapak TNI membuat Noken", ungkapnya.

Sementara itu Dansatgas Yonif 725/Woroagi Letkol Inf Hendry Ginting S., S.I.P., mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut untuk melestarikan budaya kearifan lokal Papua. "Disamping menjalin keakraban dan silaturahmi dengan masyarakat khususnya di wilayah Distrik Oksibil, kegiatan ini juga diharapakan dapat terus melestarikan budaya kearifan lokal sehingga akan terus terjaga sampai kapanpun", jelasnya.

Lebih lanjut Dansatgas juga berharap bahwa pembuatan dan produksi Tas Noken atau Tas Rajut yang merupakan ciri khas kerajinan tangan asli Papua tersebut dapat diproduksi dan diperjual belikan bukan hanya di wilayah Papua saja, melainkan dapat dipasok ke luar daerah Papua hingga diekspor ke Manca Negara, tutupnya.
(JH) 

No comments